Kemarin kami sudah melakukan pengecekan bersama titik-titik instalasi hingga minus dua jam menjelang pertandingan, untuk memastikan penggunaan peralatan yang membutuhkan listrik terinventarisir dengan baik dan meminimalisir potensi gangguan
Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur melakukan cek berkala sistem kelistrikan, tidak hanya terkait pasokan utama, namun juga pengecekan instalasi yang terpasang di Stadion GBT.

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo saat konferensi pers di Surabaya, Senin, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi bersama Local Organizing Comittee (LOC) FIFA dan Venue Management dari Pemkot Surabaya.

"Kemarin kami sudah melakukan pengecekan bersama titik-titik instalasi hingga minus dua jam menjelang pertandingan, untuk memastikan penggunaan peralatan yang membutuhkan listrik terinventarisir dengan baik dan meminimalisir potensi gangguan," ujarnya.

Ia berharap melalui pengecekan berkala ini diharapkan semua beban tambahan di venue dapat terinvetarisir sesuai dengan kondisi terkini dan dapat diantisipasi lebih awal.

"Mini Scada Mobile di luar stadion juga kami sediakan, yang bisa memonitor kondisi kelistrikan di tiap titik stadion, beban, tegangan dan seterusnya sehingga kondisi kenaikan beban dan tegangan dapat dimonitor," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyediakan 180 personel untuk mendukung gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Kami menyiagakan 180 personel di 15 lokasi even baik di lokasi utama yaitu Stadion GBT, stadion latihan gelora 10 November, Lapangan Thor, Bandara Juanda dan hotel-hotel penginapan pemain maupun official," ucapnya.

Agus menjelaskan, masa persiapan kelistrikan dan siaga telah dilakukan jauh-jauh hari yakni pada 25 Oktober - 5 Desember 2023.

"Skema pengamanan tiga lapis juga diterapkan untuk menjamin andalnya pasokan yaitu melalui Penyulang GBT Express sebagai pasokan utama, Penyulang GH Tandono (Gardu Induk Alta Prima) dan Penyulang Randu Padangan dari (Gardu Induk Sambi Kerep) sebagai penyulang cadangan," ujar Agus.

Menurut dia, kapasitas daya sistem kelistrikan sebesar 9999 Megawatt (MW) dengan beban puncak 6664 MW.

"Dan masih terdapat cadangan daya sebesar 3335 Megawatt," ucapnya.

Sebagai bentuk dukungan penuh, PLN juga menyediakan tiket gratis untuk transaksi senilai Rp50.000 di PLN Mobile dan official merchandise Piala Dunia U17.

"PLN juga menghadirkan booth di Gelora Bung Tomo yang melayani penukaran merchandise dari klaim tiket PLN Mobile, coffee spot, charging station, games xbox soccer dan photobooth," katanya.

Baca juga: PLN Jatim nyalakan 19.500 sambungan listrik warga tidak mampu

Baca juga: PLN menginisiasi transisi energi dengan beralih ke kendaraan listrik

Baca juga: PLN: 125.878 pelanggan Jatim manfaatkan elektrifikasi sektor pertanian


 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023