Wartawan harus memiliki 'background' dan menguasai materi terlebih dulu sebelum wawancara
Semarang (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Pekalongan berkunjung ke Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah, Semarang, Senin, untuk belajar jurnalistik.

Mereka berasal dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin UIN Gus Dur Pekalongan yang tengah melaksanakan program kunjungan rutin ke media, termasuk ANTARA.

Baca juga: ANTARA Jatim sabet penghargaan "Media Partner Online Terbaik" dari ITS

Beragam materi seputar media diajarkan pada kesempatan itu, seperti wawancara dan menulis berita, serta Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan trafik pemberitaan, khususnya media "online".

Suasana berlangsung interaktif, ada mahasiswa yang bertanya bagaimana agar proses wawancara terhadap narasumber bisa berlangsung dengan luwes dan mendapatkan informasi yang diinginkan.

"Wartawan harus memiliki 'background' dan menguasai materi terlebih dulu sebelum wawancara," jawab Asisten Manager Komersial Perum LKBN ANTARA Biro Jateng Nur Istibsaroh yang mengisi materi.

Koordinator Divisi Jurnalistik HMPI KPI UIN Gus Dur Zidni Mubarok menjelaskan bahwa kunjungan ke media itu merupakan agenda tahunan untuk mendapatkan pembelajaran praktik bermedia.

Baca juga: Kantor Berita ANTARA sabet tiga penghargaan Media Award Korem 091/ASN

"Kali ini ada 14 peserta yang ikut. Ini adalah agenda tahunan. Setahun dua kali kunjungan. Kemarin sudah ke Radar Pekalongan, sekarang ini ke ANTARA Jateng," kata mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Ushuludin UIN Gus Dur itu.

Menurut dia, ANTARA merupakan salah satu pelopor media di Indonesia sehingga pada tahun ini dipilih sebagai tujuan kunjungan untuk belajar mengenai media dan jurnalistik.

"Kami bangga juga mendapatkan kesempatan datang di sini (ANTARA Jateng) dan belajar. Banyak ilmu yang sebelumnya belum kami ketahui, misalnya jurnalisme investigasi, dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Jateng Teguh Imam Wibowo mengapresiasi kunjungan dari rombongan mahasiswa Divisi Jurnalistik HMPI KPI UIN Gus Dur Pekalongan.

Teguh mengawali paparan dengan menjelaskan mengenai sejarah dan peran ANTARA sebagai Kantor Berita Nasional, kemudian mitra-mitra yang selama ini bekerja sama dengan ANTARA Jateng.

ANTARA Jateng yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 1B Semarang, kata dia, sangat terbuka terhadap siapapun, termasuk mahasiswa yang ingin belajar mengenai media dan jurnalistik.

Baca juga: LKBN Antara media terbaik pemberitaan kegiatan Standardisasi Nasional

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023