Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) sebagai akses ke Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara dalam rangka perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

"Sebagai bagian dari kelengkapan prasarana dan sarana stadion JIS sebagai salah satu lokasi Piala Dunia U-17, jembatan penyeberangan orang (JPO) dibangun khusus untuk menghubungkan stadion JIS ke Kawasan Ancol sehingga akses penonton/pengunjung menuju stadion, menjadi lebih mudah dan nyaman," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, Senin.

Endra menambahkan, JPO tersebut dibangun di Jalan Ketel, Ancol, Pademangan, dekat gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol, hingga menembus langsung sisi Plaza Utara JIS.

JPO tersebut dibangun dengan trase sepanjang 453 meter dan lebar jalur pedestrian 6 meter.

Konstruksi JPO akses stadion JIS dirancang menggunakan struktur atas dengan konstruksi baja, pelat lantai pracetak serta pondasi dengan kombinasi tiang pancang beton dan baja.

JPO itu menghubungkan JIS dengan Lapangan Parkir di Ancol, dari sisi utara stadion dan melintasi beberapa rintangan antara lain jalur double track KRL, Jalan R.E. Martadinata, Kali Ancol, Tol Harbour Road, serta rencana Tol Harbour Road II.

Pembangunan JPO JIS dilaksanakan oleh kontraktor AMKA Inti Beton Indo Trans Konstruksi KSO dan konsultan pengawas PT Seecons dengan nilai kontrak konstruksi Rp95 miliar.

JPO tersebut menjadi penghubung antara stadion JIS dengan tempat parkir yang berada di gerbang karnaval dengan daya tampung sekitar 1.200 kendaraan roda empat dan 700 kendaraan roda dua.

Stadion JIS mempertandingkan dua grup babak penyisihan, Grup C dan Grup E, ditambah satu laga Grup F juga dimainkan di JIS. Pengaturan pertandingan pun dilakukan oleh FIFA.

Baca juga: Jakpro optimalkan perawatan rumput JIS jelang Piala Dunia U-17
Baca juga: Erick sebut FIFA sepakati Piala Dunia U-17 digelar di empat stadion
Baca juga: Legislator DKI sebut stadion JIS sebagai karya anak bangsa 

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023