Beijing (ANTARA) - China telah melakukan penelitian besar-besaran untuk mengoptimalkan lingkungan pengembangan sektor swasta dalam periode Rencana Lima Tahun (2026-2030) mendatang negara tersebut, kata seorang pejabat dalam China Economic Roundtable yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Xinhua.

Wei Dong, kepala biro pengembangan ekonomi swasta yang berada di bawah naungan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China, menyampaikan bahwa China akan menerapkan perlakuan yang setara terhadap perusahaan-perusahaan swasta dari level institusional dan hukum, secara aktif memperluas ruang bagi pengembangan kualitas di sektor swasta, serta membangun sejumlah platform layanan.

Sebelumnya, China mendirikan biro itu untuk memperkuat koordinasi kebijakan dalam bidang-bidang yang relevan, serta memastikan bahwa langkah-langkah terkait diterapkan sedini mungkin dan mencapai hasil yang nyata.

Wei Chu, wakil dekan Fakultas Ekonomi Terapan di Universitas Renmin China, menganjurkan undang-undang yang relevan untuk membantu sektor swasta dan menghapus regulasi administratif, aturan, serta dokumen normatif yang tidak lagi menunjang pengembangan bisnis-bisnis swasta.

Dia juga menyarankan untuk terus memperdalam reformasi dan mengoordinasikan kebijakan antardepartemen guna memastikan implementasinya.

China Economic Roundtable merupakan platform diskusi lintas media yang diluncurkan oleh Xinhua, dengan episode kedua membahas soal ekonomi swasta China. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023