Jakarta (ANTARA) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI melayangkan surat resmi kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres terkait tragedi kemanusiaan di Gaza Palestina.

"Dunia sedang menyaksikan genosida mengerikan oleh penjajah Israel terhadap anak-anak, perempuan, dan orang tua di Gaza Palestina," kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Surat yang ditandatangani Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan Sekretaris Fraksi Ledia Hanifa Amalia ini berisi kepedulian yang mendalam atas tragedi kemanusiaan di Gaza dan meminta PBB segera menghentikan kekejaman Israel.

Menurut Jazuli, fraksinya mendesak agar PBB dengan seluruh kewenangan dan otoritas yang dimilikinya segera menghentikan genosida yang mengerikan di Gaza. Fraksi PKS meminta PBB menghentikan agresi brutal Israel, mengirim pasukan keamanan, membuka akses bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza, serta mengirim komisi HAM untuk menyelidiki kejahatan perang dan kemanusiaan Israel serta menyeretnya ke Mahkamah Pidana Internasional.

"Sampai dengan hari ke-37, korban jiwa rakyat Palestina mencapai 11.223 jiwa di mana 75 persen adalah anak-anak 4.506 jiwa, perempuan 3.027 jiwa, dan orang tua 678 jiwa. serta 28.000 jiwa lainnya mengalami luka-luka serius yang tidak bisa dirawat dengan baik karena rumah sakit telah hancur," ungkap Jazuli.

Baca juga: 20 pasien, termasuk enam bayi, meninggal di Gaza karena listrik padam
Baca juga: Palang Merah serukan perlindungan warga sipil Jalur Gaza


Jazuli yang juga Wakil Presiden Forum Anggota Parlemen Muslim Dunia (IIFP) menegaskan Gaza, bukan saja penjara terbesar, tapi kuburan terbesar di dunia bagi anak-anak, perempuan, dan orang tua. Bahkan, jumlah kematian anak-anak yang dibunuh dengan kejam oleh Israel per hari jauh lebih banyak dari korban Hitler.

"Bom yang dijatuhkan di Gaza lebih brutal dari bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II. Apa yang terjadi di Gaza merupakan pelanggaran terhadap seluruh hukum internasional dan resolusi PBB," katanya menegaskan.

Untuk itu, Fraksi PKS meminta Sekjen PBB tidak sekadar membuat pernyataan bahwa yang terjadi di Gaza merupakan ujian dan krisis atas kemanusiaan dunia. Tetapi, harus ada upaya menghentikan dan tindakan yang tegas, serta jangan berikan lebih banyak waktu kepada Israel untuk menyelesaikan kejahatannya.

Menurut dia, saat ini kredibilitas PBB sebagai badan internasional yang memperjuangkan keadilan dan HAM benar-benar dipertaruhkan. Fraksi PKS berharap Sekjen PBB tetap dapat menjaga kepercayaan dan reputasi di hadapan warga dunia yang menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di berbagai belahan dunia.

"Tuan Sekretaris Jenderal PBB saatnya anda bersikap tegas, jangan ragu-ragu, bantu dan selamatkan saudara-saudara kami di Gaza Palestina. Stop agresi Israel dengan segala cara dan resiko atas nama kemanusiaan dunia," harapnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023