Sulbar memiliki 334 daerah aliran sungai dan sembilan sungai besar yang harus dijaga. Dengan kehadiran Forum DAS ini, tentu kita berharap ketersediaan air di Sulbar dapat terjaga
Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh mengharapkan Forum Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) dapat menjaga ketersediaan air di daerahnya.

"Saya berharap melalui Forum DAS ini, ketersediaan air di Sulbar dapat terjaga," kata Zudan Arif Fakrulloh, pada pengukuhan Forum DAS Sulbar periode 2023-2028 di Waterpark Maleo Mamuju, Selasa.

Dia menjelaskan, Forum DAS yang melibatkan para pakar, ahli, birokrat serta akademisi itu diharapkan dapat berkolaborasi dan menyumbangkan pikiran dengan harapan DAS Sulbar dapat tercukupi dan terjaga.

"Sulbar memiliki 334 daerah aliran sungai dan sembilan sungai besar yang harus dijaga. Dengan kehadiran Forum DAS ini, tentu kita berharap ketersediaan air di Sulbar dapat terjaga," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Penjabat Gubernur Sulbar itu juga berharap Forum DAS tersebut dapat segera bekerja menghadirkan solusi untuk DAS di wilayah Sulbar.

"Pendangkalan bisa kita atasi, erosi bisa kita atasi, banjir bisa kita cegah dan kalau terjadi banjir juga bisa kita antisipasi. Sumbangsih pikiran forum ini menjadi sangat diharapkan," katanya. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris juga menyampaikan bahwa kehadiran Forum DAS dapat menjadi solusi menyelesaikan berbagai persoalan DAS di Sulbar.

Forum tersebut, menurut Sekda, menjadi penting dalam membantu pemerintah karena melibatkan berbagai pihak yang memiliki perhatian yang sama terhadap DAS.

"Forum ini hadir untuk melakukan pengelolaan DAS, sebab masalah ini tidak dapat selesai hanya dilakukan pemerintah tetapi seluruh pihak," kata Muhammad Idris.

Muhammad Idris juga menjelaskan, berbagai kerusakan ekosistem DAS dapat terjadi dan dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga kehadiran forum tersebut dapat menjadi forum atau kelompok yang bisa membuat studi yang mengatasi permasalahan DAS agar tertangani dengan baik.

"Kalau tidak dari sekarang melakukan kampanye mengubah cara berpikir masyarakat untuk menjaga DAS, kita akan kesulitan menemukan air di sungai. Ini peringatan bagi kita," kata Muhammad Idris.

Pewarta: Amirullah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023