Tantangan yang dihadapi ke depan jauh lebih kompleks
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga meminta para perempuan Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan prestasi mereka.

"Tantangan yang dihadapi ke depan jauh lebih kompleks, maka perempuan harus terus meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan prestasinya, serta berani bersuara untuk menentukan arah kebijakan dan tujuan bernegara," kata Bintang Puspayoga di Jakarta, Selasa.

Pihaknya juga berharap agar para perempuan bersatu, saling membantu, dan saling menginspirasi.  

Kementerian PPPA menggelar acara "Merayakan Perempuan" di Istora, Jakarta, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Acara tersebut menandai kick off dari seluruh rangkaian kegiatan dalam Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023.  

Kegiatan "Merayakan Perempuan" ini menghadirkan kurang lebih 7.500 perempuan dari berbagai profesi, kalangan, dan usia sebagai eksposur kemajuan perempuan sekaligus sumber daya potensial, kekuatan, dan pilar pembangunan bangsa.

Menteri PPPA berharap acara tersebut tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan selebrasi semata.

"Tetapi lebih dari itu, menjadi kegiatan yang menginspirasi, mendorong, dan memacu para perempuan untuk tidak berpuas diri dengan apa yang sudah diraih saat ini," kata Bintang Puspayoga.

Setelah acara kick off ini, selanjutnya akan digelar roadshow Peringatan Hari Ibu di tiga kota, yakni di Manokwari, Papua Barat pada 18 November, di Aceh pada 22 November, dan di Bali pada 16 Desember.

"Pemilihan tiga kota diharapkan dapat mewakili representasi wilayah Indonesia, Indonesia barat, tengah, dan timur dan sebagai miniatur acara merayakan perempuan," katanya.

Rangkaian kegiatan lainnya seperti seminar, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, anjangsana, kegiatan sosial, dan kegiatan inspiratif lainnya juga akan dilaksanakan.

Kemudian puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023.

Baca juga: Menteri Bintang: Hari Ibu tonggak pergerakan perempuan Indonesia

Baca juga: Menteri PPPA: Penanganan TPPO perlu kerja sama berkesinambungan

Baca juga: Menteri Bintang: Pemberdayaan perempuan bantu turunkan stunting


 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023