Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Jakarta Utara, memperkuat sinergi dan kolaborasi lintas instansi pelabuhan untuk mendukung kinerja pelayanan keimigrasian di wilayah tersebut.

Terkait hal itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Jakarta Utara, Douglas Orlando Andreas Simamora pada Selasa mengadakan pertemuan yang dihadiri sejumlah pegawai lintas instansi di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Harapannya bisa saling mendukung, dari Bea Cukai Tanjung Priok, Komando Lintas Laut Militer, dari Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Utara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan kecamatan," ujarnya saat ditemui di Lantai V, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok di Koja, Jakarta Utara.

Douglas mengatakan, pihaknya akan mengadakan silaturahmi di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Priok tersebut secara berkala. "Jadi yang diundang semuanya yang memang bersinergi dengan Imigrasi Tanjung Priok," katanya.

Menurut dia, silaturahmi lintas instansi berguna, khususnya saat pengumpulan informasi kegiatan orang asing. Hal itu itu dirasakan sendiri oleh Douglas saat dahulu bertugas sebagai Koordinator Detensi Imigrasi dan Deportasi pada Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dia berharap, kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Priok di masa mendatang juga bisa bersumber dari informasi lintas instansi pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Agar kegiatan Tim PORA di masa mendatang akan lebih bersinergi di wilayah Kantor Imigrasi Tanjung Priok," kata Douglas.
​​​​​​​Baca juga: Priok perlu pengawas orang asing cegah kejahatan transnasional
Baca juga: Imigrasi Priok lebih aktif cegah keberangkatan PMI non-prosedural

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023