Jakarta (ANTARA) -
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menuju KPU pukul 18.20 WIB menggunakan bis listrik, untuk menghadiri penetepan nomor urut calon presiden-calon wakil presiden.

Pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berangkat dari rumah pemenangan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang berada di Jalan Cik Ditiro Nomor 56.

Prabowo-Gibran ditemani oleh para petinggi partai KIM menuju KPU dengan menggunakan dua bis listrik. Gibran tiba lebih dulu pada pukul 15.20 WIB ditemani oleh juru bicara yang baru saja ditunjuknya yaitu Emil Elestianto Dardak dan Arumi Bachsin.

Prabowo tiba di rumah pemenangan sekitar pukul 18.00 WIB dan sempat berbincang singkat dengan para kader partai pengusungnya.

Tidak ada pernyataan yang diucapkan Prabowo sebelum memasuki bis listrik untuk menuju KPU. Namun Ketua Umum Partai Gerindra itu sempat menunjukkan ibu jarinya kepada awak media.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid menyampaikan bahwa penggunaan bis listrik untuk mengantar paslon itu sebagai komitmen paslon mewujudkan energi bersih.

“Ini karena bentuk komitmen dari pasangan kami untuk melanjutkan proses pembangunan dan perjuangan hilirisasi dan industrialisasi serta ekosistem green energy dan zero emission yang telah dicanangkan oleh Pak Jokowi, karena mobil listrik bagi kita ramah lingkungan kita mengurangi emisi supaya lingkungan kita sehat dan sebagainya,” kata Nusron, di Jakarta Pusat, Selasa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran ajak timses lain adu ide dan gagasan

Baca juga: TKN: Penetapan KPU soal capres-cawapres akhiri perdebatan keabsahan
 

Pewarta: Rina Nur Anggraini
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023