JAKARTA (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan TNI AL mengirimkan 50 ton bantuan kemanusiaan Palestina menggunakan kapal.

"Bantuan yang akan kita titipkan melalui kapal TNI AL yang akan dikirim ke Palestina adalah 50 ton lebih. Jadi kalau diperbolehkan kami akan menyusul tambahannya. Tapi untuk sementara 50 ton," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan untuk Palestina seberat 50 ton merupakan bantuan dari seluruh masyarakat Indonesia, termasuk 50 truk dari TNI AD.

"Baznas akan menyalurkan bantuan dari berbagai pihak ke Palestina, termasuk dari TNI AD kemarin sebanyak 50 truk yang sekarang sudah disiapkan," katanya.

Baca juga: LazisNU terus galang bantuan untuk masyarakat Palestina

Ia mengatakan pengiriman bantuan tidak akan berhenti pada pengiriman 50 ton, melainkan akan terus mengirimkan bantuan melalui tahap-tahap selanjutnya.

"Sampai hari ini kami masih menerima penyaluran bantuan dari masyarakat Indonesia yang sangat peduli kepada saudara-saudara di Palestina," ujarnya.

Dia merinci bantuan kemanusiaan 50 ton yang dikumpulkan kurang dari 10 hari yakni berupa selimut, pakaian, bahan pokok, dan makanan yang difokuskan untuk perempuan dan anak.

"Karena menghadapi musim dingin di Palestina sehingga kita mengirimkan bantuan berupa selimut dan pakaian, termasuk pakaian bayi dan anak-anak. Bantuan akan terus kita kirimkan tak hanya berhenti sampai di sini saja," katanya.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono menyampaikan terima kasih kepada Baznas karena telah mempercayakan pengiriman melalui kapal TNI AL.

"Saya mewakili Kepala Staf TNI AL (KSAL) menyampaikan terima kasih dan merasa terhormat atas kerja sama dan bantuan yang diberikan Baznas melalui TNI AL," katanya.

Ia menambahkan penerimaan dan pengantaran bantuan kemanusiaan untuk Palestina masih dibuka hingga 20 November 2023. Bagi masyarakat atau instansi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan itu masih tersisa waktu selama seminggu.

"Kami membuka pengiriman sampai Tanggal 20 November. Ini karena tingginya empati masyarakat Indonesia membantu Palestina. Alhamdulillah hari ini terkumpul perlengkapan musim dingin, obat-obatan, dan makanan dari Baznas yang sangat bermanfaat untuk saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya.

Baca juga: PSHT serahkan dana ke PMI untuk disalurkan ke Palestina
Baca juga: Pemkab Banyuwangi kirim bantuan kemanusiaan untuk Palestina
Baca juga: Bulan Sabit Merah Palestina ungkapkan 76 truk bantuan masuk Gaza

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023