"Kegiatan ini adalah bentuk luapan kegembiraan dari kami Relawan Golkar-Prabowo atau GoPro untuk menyambut nomor urut yang akan menjadi identitas bagi Prabowo-Gibran,”
Surabaya (ANTARA) - Para Relawan Golkar Prabowo atau GoPro Jatim memekikkan lagu salam 2 Jari saat nonton bareng undian nomor urut Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang disiarkan secara langsung di Kota Surabaya, Selasa malam.

"Kegiatan ini adalah bentuk luapan kegembiraan dari kami Relawan Golkar-Prabowo atau GoPro untuk menyambut nomor urut yang akan menjadi identitas bagi Prabowo-Gibran,” ujar Koordinator Wilayah GoPro Jawa Timur, Syahrul.

Saat nomor urut Prabowo-Gibran dibacakan, Relawan GoPro langsung bersorak-sorai merayakan nomor urut 2 yang didapatkan oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Dengan menyanyikan nada "Salam 2 Jari", mereka lantang kompak menyanyikan, “Salam 2 Jari, wes wayahe Prabowo dadi.”

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan bahwa ini merupakan sebuah pertanda alam karena Prabowo-Gibran mendapatkan nomor urut 2.

"Ini seperti mengulang sejarah saat Pak Jokowi mendapatkan nomor urut 2 tahun 2014 silam dan berhasil menang kontestasi Pemilihan Presiden. Kami sangat bersyukur, dan optimis bahwa Prabowo-Gibran akan memenangkan Pilpres 2024 seperti yang berhasil dilakukan oleh Pak Jokowi tahun 2014 silam," katanya.

Salah satu anggota GoPro, Muhammad Dimas, yang baru berusia 18 tahun, mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut antusias Pemilu 2024 mendatang.

"Sudah lama sekali saya mengidolakan Pak Prabowo, tapi sayangnya belum memiliki hak pilih. Alhamdulillah, tahun 2024 nanti saya sudah punya hak pilih, dan pilihan coblosan pertama saya pasti akan saya jatuhkan kepada Prabowo-Gibran nomor urut 2," kata Dimas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. Pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024. Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam

Selain itu, KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023