“Kami senang sekali banyak film kita yang tampil di festival film internasional tahun ini. Di Festival Busan, film kita mendapatkan highlight, kemudian tahun depan Insya Allah film kita dilamar Venice Festival. Jadi, semoga film-film kita semakin ber
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi kesuksesan rangkaian kegiatan Festival Film Indonesia (FFI) 2023 yang ditutup dengan gelaran “Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023”, sekaligus berharap semakin banyak film lokal berkualitas yang mampu mengharumkan nama Indonesia pada kancah festival film dunia.

“Kami senang sekali banyak film kita yang tampil di festival film internasional tahun ini. Di Festival Busan, film kita mendapatkan highlight, kemudian tahun depan Insya Allah film kita dilamar Venice Festival. Jadi, semoga film-film kita semakin berjaya dan hadir di banyak festival internasional,” ujar Direktur Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra saat menghadiri “Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023” di Jakarta, Selasa (14/11).

Mahendra mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerja tim Komite FFI 2021-2023 yang diketuai oleh Reza Rahadian. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Reza dan tim selama ini telah menghasilkan tata kelola dan platform yang sangat baik.

Baca juga: Daftar lengkap peraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2023

“Sesungguhnya ada perasaan sedih karena selama Reza dan tim pegang 3 tahun, tata kelola semua diperbaiki dengan baik. Tim komite ini sangat solid, bahkan sudah meninggalkan platform berkualitas. Karena itu, semoga hal ini bisa diteruskan oleh komite berikutnya,” imbuh dia.

Pemerintah sebagai fasilitator, Mahendra melanjutkan, akan terus mendukung setiap langkah positif yang dilakukan oleh sineas-sineas kebanggaan Tanah Air untuk mengibarkan bendera Indonesia di mancanegara.

“Kami sangat siap dengan berbagai macam skema untuk mendukung ekosistem perfilman Indonesia. Pesan saya untuk Reza Rahadian selepas ini mungkin masih bisa tetap membantu, sharing, atau terlibat dalam program lain. Mudah-mudahan juga bisa tetap bisa berdiskusi baik dengan komite selanjutnya,” tutup Mahendra.

Gelaran Piala Citra ke-43 FFI 2023 menampilkan sebanyak nominasi 22 kategori penghargaan. Pada ajang penghargaan kali ini, film "Women from Rote Island" berhasil menggondol 4 Piala Citra untuk kategori "Film Cerita Panjang Terbaik", "Sutradara Terbaik (Jeremias Nyangoen), "Penulis Skenario Asli Terbaik" (Jeremias Nyangoen), dan "Pengarah Sinematografi Terbaik" (Joseph Christoforus Fofid).

Sedangkan film besutan sutradara dan penulis naskah Wregas Bhanuteja yaitu "Budi Pekerti" yang pada ajang ini menjadi bagian dari 17 nominasi, berhasil membawa pulang dua Piala Citra masing-masing untuk "Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik" (Prilly Latuconsina) dan "Pemeran Utama Perempuan Terbaik" (Sha Ine Febriyanti).

Baca juga: Segudang harapan dari perhelatan Festival Film Indonesia 2023

Baca juga: Duta FFI 2023 sepakati muruah film Indonesia harus tetap terjaga

Baca juga: FFI beri penghargaan khusus "Pengabdian Seumur Hidup" kepada 2 sosok

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023