Peningkatan kerja sama antara akademisi dan mitra industri penting mengingat posisi Indonesia yang makin baik di peringkat inovasi dunia
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) Universitas Indonesia (UI) menggelar Festival Inovasi untuk mengenalkan produk inovatif hasil kolaborasi dengan berbagai mitra kerja sama.

"Festival Inovasi ini merupakan wujud nyata dari semangat inovatif para peneliti UI. Saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para inventor UI yang telah berdedikasi menciptakan produk inovatif," kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D, Sp.OF(K) di Depok, Rabu.

Nurtami juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra industri yang telah berkolaborasi mewujudkan hasil riset menjadi solusi nyata bagi perkembangan bangsa.

"Juga kepada pemerintah, terima kasih atas dukungan finansial yang mampu menghidupkan riset yang 'catch up' dengan era teknologi saat ini," katanya.

Pada Festival Inovasi kali ini, UI menghadirkan berbagai kegiatan, di antaranya Business Matching, pameran inovasi dan gelar wicara.

Baca juga: FTUI buat program I3 tumbuhkan kreativitas bisnis

Baca juga: Wira Cipta UI tumbuhkembangkan kemampuan bisnis


Nurtami menyebutkan bahwa festival ini diadakan untuk memperkenalkan produk inovasi hasil kolaborasi antara inventor Sivitas Akademika UI dengan mitra industri, serta memperkuat kerja sama yang terjalin di antara keduanya.

"Peningkatan kerja sama antara akademisi dan mitra industri penting mengingat posisi Indonesia yang makin baik di peringkat inovasi dunia," katanya.

UI Innovation Festival digelar pada 13–14 November 2023 di Jakarta. Festival bertajuk “Hilirisasi Produk Riset dan Inovasi untuk Mendorong Kemandirian Bangsa” ini merupakan salah satu rangkaian dari program Bulan Inovasi yang rutin diadakan UI setiap tahunnya.

Berdasarkan data Global Innovation Index 2023 yang dirilis oleh World Intellectual Property Organization, Indonesia menjadi negara dengan peningkatan peringkat inovasi tertinggi.

Peringkat Indonesia terus naik dari 85 pada 2019, ke 75 pada 2022, dan 61 pada tahun 2023.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan inovasi material untuk pesawat terbang

Baca juga: Mahasiswa UI kembangkan produk inovasi pelumas mesin

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023