Jakarta (ANTARA News) - PT Rekayasa Industri (Rekind) meraih penghargaan BUMN Innovation Expo and Award 2013 untuk kategori "The Best Corporate Innovation Culture & Management" atau budaya dan manajemen inovasi korporasi dengan level Silver.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Dahlan Iskan kepada Direktur Utama PT Rekind M Ali Suharsono, di sela-BUMN Innovation Expo and Award 2013, di Jakarta Convention Center.

Siaran pers Corporate Secretary  PT Rekind di Jakarta, Kamis, menyebutkan,  penghargaan untuk kategori yang sama juga diberikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Adhi Karya Tbk, dan PT Dahana.

Pada penyerahan penghargaan ajang yang diikuti 43 BUMN itu, Dahlan meminta para direksi BUMN untuk tetap mengembangkan inovasi produk dan layanan.

''Pimpinan BUMN harus menyadari, bahwa yang paling cepat pengembangan inovasi ialah pada BUMN. Anggaran lebih mudah, birokrasi lebih mudah. Maka itu, ke depan BUMN harus jadi andalan Indonesia untuk merangsang penemuan berikutnya,'' kata Dahlan.

Direktur Utama PT Rekind M Ali Suharsono mengatakan sejumlah inovasi telah dilakukan secara konsisten oleh Rekind, baik dalam operasional bisnis maupun keunggulan teknologi.

''Ini merupakan upaya kami dalam menjawab tantangan dan peluang bisnis yang ada,'' kata Ali.

Sejumlah prestasi dilakukan PT Rekind seperti pembangunan fasilitas industri panas bumi berupa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Lalu, ada juga mega proyek Pabrik Ammonium Nitrate Prill, pembangunan proyek CO2 Removal Unit, serta electronic document control system (E-DOCS) dan Rekayasa Strategic Information System (RESIST).

''Sebagai satu-satunya perusahaan EPC (Engineering, Procurement, Construction) Nasional, Rekind berupaya untuk terus berkarya dan berinovasi dalam hal teknologi, operasionalisasi, dan sistem informasi dengan didukung sumber daya manusia yang unggul dan ahli menghadirkan solusi lengkap dan efektif dalam pembangunan infrastruktur industri di Tanah Air. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan klien dan masyarakat,'' ujar Ali.

BUMN Innovation Expo and Award 2013 merupakan ajang tahunan. Sejumlah penghargaan diberikan untuk beberapa kategori terdiri dari logistik, infrastruktur, jasa keuangan, energi pertambangan, agrobisnis, dan manufaktur. Ada juga kategori inovasi khusus dan inovasi korporasi. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013