San Francisco (ANTARA) - Di jantung pusat media internasional Pekan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) 2023 di Moscone Center, kompleks konvensi terbesar di San Francisco, terdapat dua objek pameran unik yang menarik perhatian para reporter yang berkumpul untuk meliput forum kerja sama regional tersebut.

Salah satunya adalah Love Letters to SF, sebuah instalasi seni yang terdiri dari ratusan kartu berwarna emas yang berkilauan. Pada kartu-kartu tersebut, para penduduk dan pengunjung menuliskan respons mereka terhadap pertanyaan "Apa yang membuat San Francisco bersinar?"

Objek pameran yang kedua adalah Car 62, simbol klasik dari kota berjuluk Golden City itu dan satu dari segelintir kereta gantung asli yang diubah menjadi kendaraan bermotor, yang memiliki sistem kereta gantung terakhir yang dioperasikan secara manual di dunia.
 
   Dua orang jurnalis berbincang di depan poster APEC di pusat media internasional APEC 2023 di San Francisco, Amerika Serikat, pada 12 November 2023. (Xinhua/Li Rui)  

Pekan APEC, yang mempertemukan para pemimpin politik dan bisnis dari 21 perekonomian anggota yang mencakup hampir 40 persen populasi global dan hampir 50 persen perdagangan global, merupakan pertemuan terbesar yang diikuti oleh para pemimpin dunia di kota tersebut dalam kurun waktu hampir 80 tahun.

Sebagai tuan rumah, San Francisco sama sekali tidak menyembunyikan niatnya untuk mengambil kesempatan guna menghidupkan kembali ekonomi pariwisatanya dengan mengajak para pengunjung pertemuan APEC untuk menikmati kembali kekayaan aset-aset pariwisata San Francisco.

Diperkirakan bahwa acara ini dapat menghasilkan pemesanan sekitar 55.000 kamar hotel dan pendapatan sebesar lebih dari 50 juta dolar AS bagi kota tersebut.

"Kami senang menyambut orang-orang dari seluruh dunia untuk benar-benar menggelar selebrasi di kota kami, untuk merayakan apa arti APEC bagi dunia, bagi ekonomi kami, bagi hubungan bisnis kami, bagi pariwisata," ujar Wali Kota San Francisco London Breed dalam kunjungan singkatnya ke pusat media tersebut pada Senin (13/11) pagi waktu setempat.
 
Sejumlah polisi berpatroli dengan sepeda di luar lokasi Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC ke-30 di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada 10 November 2023. (Xinhua/Li Jianguo)     

Dia mendorong para reporter untuk mengunduh aplikasi pariwisata lokal dan berjalan-jalan ke luar kompleks guna menjelajahi berbagai area di San Francisco.

"Saya berharap orang-orang membawa pulang suasana yang menyenangkan, hubungan yang baik, dan momen-momen yang menyenangkan di kota kami. Kemudian kami ingin orang-orang memiliki keinginan untuk kembali ke San Francisco dan berkunjung bersama keluarga mereka, bersama teman-teman mereka," ungkap Breed.

Secara khusus, Breed mengatakan dirinya berharap "APEC akan menjadi bagian penting dalam memastikan bahwa masyarakat (China) mengingat San Francisco sebagai pintu gerbang menuju China."

"Ada banyak penduduk keturunan China di sini, banyak juga orang yang beremigrasi dari China. Kami memiliki banyak hubungan keluarga, sejarah, dan komunitas (yang berkaitan dengan China)," kata Breed.
 
   Pagar besi dipasang di luar lokasi Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC ke-30 di San Francisco, California, Amerika Serikat, 10 November 2023. (Xinhua/Li Jianguo)

Menurut data kota tersebut, pada 2019, 518.000 dari 4,3 juta pengunjung internasional San Francisco berasal dari China, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan pariwisata lokal.

Breed yakin dapat menarik lebih banyak lagi pengunjung China ke San Francisco hingga akhir tahun ini, terutama dengan pemulihan bertahap penerbangan nonstop antara China dan Bandar Udara Internasional San Francisco.

Dengan komunitas China yang dinamis dan warisan budaya China yang kaya, kota tersebut memiliki keunggulan yang kuat untuk merebut kembali hati para pengunjung dari China, tuturnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023