Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meraih penghargaan “Male Executive of the Year” pada ajang Power Energy Awards 2023 yang digelar Enlit Asia atas keberhasilan PLN melakukan transformasi digital dan mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Selain itu, PLN juga dianugerahi empat penghargaan lainnya yaitu "Power Utility of the Year", "Innovation of the Year" untuk aplikasi PLN Mobile, "Renewable Energy & Sustainability Project of the Year" untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, serta "ASEAN Electrification Project of the Year" untuk elektrifikasi Kalimantan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan penghargaan ini merupakan buah dari upaya transformasi PLN dalam menjawab tantangan global saat ini. Dia menyebutkan PLN melakukan digitalisasi mulai dari pembangkit, transmisi, pengadaan hingga pelayanan pelanggan.

“Saat ini, semuanya telah terintegrasi secara digital. Dulu, semua proses bisnis terfragmentasi, saat ini PLN jauh lebih kuat dan efisien. Sehingga kami bisa memberikan layanan pelanggan jauh lebih baik,” ujar Darmawan.

Dia menjelaskan upaya peningkatan pelayanan dari PLN dilakukan dengan menghadirkan Superapp PLN Mobile. Aplikasi tersebut membuat proses bisnis yang awalnya kompleks menjadi mudah dan cepat. Hal itu dibuktikan dengan aplikasi PLN Mobile yang telah diunduh oleh 45 juta masyarakat.

“Saat saya cek 4 tahun yang lalu, aplikasi PLN Mobile rating-nya 2,5, downloader-nya setengah juta dan 450.000 meng-uninstall aplikasinya. Kini, aplikasi PLN Mobile telah diunduh 45 juta masyarakat, ratingnya menunjukkan peningkatan dari 2,5 menjadi 4,9,” ujarnya.

Kendati demikian, Darmawan menyebut penghargaan ini tidak serta merta diraih karena kekuatannya sendiri, melainkan atas kerja bersama 60 ribu pegawai dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perusahaan terhadap masyarakat.

“Penghargaan ini diberikan kepada 60 ribu pegawai PLN yang bekerja keras untuk memastikan tidak hanya PLN menjadi lebih kuat namun juga bagaimana kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, upaya transformasi yang dilakukan PLN mampu membuat perusahaan bertahan di kala pandemi Covid-19 bahkan mencetak kinerja keuangan terbaik sepanjang sejarah perusahaan.

“Selama masa pandemi Covid–19, kami juga berhasil membukukan laporan keuangan terbaik dalam sejarah PLN selama dua tahun berturut-turut,” katanya.

Portofolio Director of Energy for Clarion Events Asia, Simon Hoare selaku penyelenggara acara mengatakan ajang penghargaan Power Energy Awards 2023 menjadi salah satu tonggak sejarah untuk memperkuat kolaborasi di sektor ketenagalistrikan dalam mencapai transisi energi.

“Ini pertama kali agenda Enlit Asia untuk sektor ketenagalistrikan dan energi diselenggarakan di Indonesia. Acara ini adalah tonggak penting dalam mengubah ketersebaran menjadi kolaborasi yang kohesif di antara kita semua,” ujar Simon.

Baca juga: PLN pastikan keandalan pasokan listrik selama gelaran Piala Dunia U-17
Baca juga: PLN dan universitas mancanegara bermitra tingkatkan kompetensi SDM
Baca juga: PLN komitmen dukung akselerasi transisi energi di Indonesia

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023