setelah ditransfer akun itu hilang
Jakarta (ANTARA) -
Asosiasi Lawyer Muslim Indonesia (ALMI) mendampingi salah satu korban berinisial NP (23) untuk melaporkan dugaan penipuan tiket konser band asal Inggris Coldplay yang ditawarkan melalui media sosial Instagram.
 
"Klien kami mendapatkan penawaran di Instagram berupa pemesanan tiket Coldplay. Akhirnya klien kami memesan di situ dan ditransfer melalui OVO. Lalu, setelah ditransfer akun itu hilang atau tidak lagi aktif. Sehingga kemudian kita mengambil tindakan membuat laporan ke Polda Metro Jaya, " kata kuasa hukum ALMI Muhammad Qusyairi saat ditemui, Rabu.

Qusyairi menjelaskan kliennya mengalami kerugian sebanyak Rp7 juta karena klien yang dia pegang ada dua orang dan satu tiket seharga Rp3,5 juta.
 
"Klien kami tak curiga dengan pemilik akun instagran tersebut. Pasalnya, pelaku melampirkan bukti penjualan hingga foto identitas seller tersebut. Namun, seusai ditransfer, seller tersebut menghapus akun media sosialnya, " ucapnya.
 
Qusyairi menambahkan kliennya baru melakukan transfer pada Selasa (15/11) kemarin, dan tidak kunjung mendapatkan kejelasan dari akun instagran tersebut, sehingga akhirnya korban melakukan pelaporan ke Polda Metro Jaya.
 
Kemudian Qusyairi juga membawa sejumlah bukti kepada penyidik seperti bukti percakapan instagram, dan juga bukti transfer ke dompet digital OVO.
 
Laporan tersebut juga telah teregistrasi dengan nomor STTLP/B/6861/XI/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Qusyairi melaporkan kejadian tersebut dengan Pasal 28 ayat 1 jo Pasal 45 A ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
 
Sebagai catatan tiket termahal pada konser Coldplay yang berlangsung pada Rabu hari ini berkisar Rp800 ribu - Rp11 juta. Harga tersebut belum termasuk pajak 15 persen, biaya layanan 5 persen, dan biaya lainnya.
 
Bagi penonton yang membeli kategori Ultimate Experience dan My Universe, sejumlah keuntungan akan didapatkan termasuk pintu masuk khusus, gift item ramah lingkungan yang didesain khusus, hingga akses ke counter merchandise khusus.

Khusus untuk tiket termahal atau Ultimate Experience, penonton akan mendapatkan kesempatan tur belakang panggung sekali seumur hidup, difoto oleh fotografer profesional, hingga custom merchandise secara eksklusif.

Baca juga: Polisi ringkus penjual tiket palsu konser Coldplay

Baca juga: Buka konser Coldplay, Rahmania Astrini takjub lautan manusia

Baca juga: Konser Coldplay, Jalan Gerbang Pemuda GBK macet parah

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023