Jakarta (ANTARA) - Hubungan bilateral Amerika Serikat dan China dinilai menjalani progres yang baik, demikian diungkap Presiden AS Joe Biden.

"Terdapat sejumlah tantangan genting dunia yang memerlukan kepemimpinan bersama kami. Dan hari ini kami menjalani progres yang baik," demikian Biden dalam unggahan di akun media sosial Instagram "Potus", Kamis.

Biden menjelaskan dirinya mengapresiasi diskusi yang dilakukan bersama Presiden China Xi Jinping pada Rabu waktu setempat.

"Karena saya nilai yang terpenting adalah kami saling memahami secara jelas, antara pemimpin dengan pemimpin," kata Biden.
Baca juga: Bertemu Joe Biden, Xi Jinping sebut planet Bumi cukup untuk China-AS

Sementara itu Presiden Xi Jinping menyebut planet bumi cukup bagi dua negara besar yaitu China dan Amerika Serikat (AS) sehingga keduanya dapat mencapai keberhasilan masing-masing.

"Planet Bumi cukup besar bagi kedua negara untuk mencapai kesuksesan, dan kesuksesan satu negara adalah kesempatan bagi negara lain," kata Presiden Xi Jinping berdasarkan keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri China yang diterima di Beijing, Kamis.

Xi menegaskan bahwa saat ini persaingan antarnegara besar bukanlah tren yang tepat.

Dalam pertemuan antara Presiden Biden dan Presiden Xi Jinping di San Fransisco saat sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) itu antara lain disepakati mengenai pelanjutan komunikasi antar militer dan kerja sama kebijakan pemberantasan narkoba.

Baca juga: Mengapa pertemuan Xi-Biden mendatang begitu penting?
Baca juga: Jubir: Hubungan China-AS bukan persaingan

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023