Ambon (ANTARA) – Pada Selasa, 14 November 2023, Bea Cukai Ambon melepas ekspor perdana belasan ton komoditas damar (natural gum copal) milik PT Nandi Indonesia ke pasar India. Ekspor perdana ini merupakan hasil gali potensi di wilayah Maluku yang dilakukan Bea Cukai bersama Badan Karantina Pertanian Kelas I Ambon dan Disperindag Maluku.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, R. Teddy Laksmana menjelaskan dalam ekspor perdana ini, PT Nandi Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 14.360 Kg damar dengan nilai ekspor mencapai USD 14.360. “Barang ini dimuat di Ambon, tetapi akan terlebih dulu dikirim ke Tanjung Perak, Surabaya untuk dimuat ulang ke kontainer ekspor tujuan India,” jelasnya.

Ekspor perdana ini merupakan bukti bahwa produk-produk asal Maluku memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar internasional. Harapannya ekspor perdana ini turut memberikan inspirasi bagi eksportir lain di wilayah Maluku agar dapat segera merealisasikan ekspornya. “Kami siap melayani dan memberikan asistensi kepada para pelaku usaha potensial di Maluku. Kami juga mengimbau, agar para pelaku usaha dapat mengoptimalkan beragam fasilitas kepabeanan,” pungkas Teddy.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023