Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia menjunjung nilai kedamaian, kemanusiaan, inklusivitas, dan kebebasan yang juga didukung oleh Vatikan dan menjadi dasar memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

"Kedua negara terus menikmati hubungan jangka panjang sejak dimulainya hubungan diplomatik dan senantiasa berbagi nilai-nilai yang sama yaitu perdamaian, kemanusiaan, inklusivitas, dan kebebasan," ujar Budi dalam keterangan resminya, Kamis.

Hal itu disampaikan oleh Budi saat menghadiri Resepsi Perayaan HUT X Pemilihan Paus Fransiskus di Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan, Jakarta Pusat, Rabu (15/11).

Baca juga: Bupati: Kehadiran Dubes Vatikan buktikan Maybrat-Papua Barat Daya aman

Budi menyatakan momentum itu menjadi penanda sebagai upaya berkelanjutan memperkuat hubungan yang telah terjalin di antara kedua negara.

"Untuk meningkatkan kemanusiaan dan kesejahteraan. Izinkan saya menyampaikan penghargaan kepada Yang Mulia atas dukungan dan berkahnya bagi Indonesia. Indonesia bangga menjadi mitra perdamaian," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk memperkuat bilateral antar kedua negara, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan undangan kepada Paus Fransiskus untuk dapat bertandang ke Indonesia.

Kunjungan itu dinantikan dan diharapkan dapat segera terwujud untuk mendukung dialog antaragama dalam menyerukan perdamaian.

"Kunjungan ini sangat kami nantikan dan berharap dapat segera terwujud. Kunjungan ini akan menjadi momen penting tidak hanya bagi umat Katolik di Indonesia tetapi juga bagi umat yang berbeda keyakinan," ujar Budi.

Baca juga: Duta Besar Vatikan berkunjung ke kampung Ayawasi kabupaten Maybrat Dalam momen tersebut, Budi juga menyampaikan apresiasi karena Vatikan terus memberikan dukungan positif kepada Gereja Katolik di Indonesia.

Menurutnya seruan untuk memupuk persatuan dalam keberagaman dalam menciptakan perdamaian mendapatkan dukungan besar untuk gereja-gereja Katolik di Indonesia.

Oleh karena itu, Budi menyampaikan penghargaan kepada Paus Fransiskus atas dukungan dan berkahnya bagi Indonesia.

"Indonesia bangga menjadi Mitra Perdamaian Tahta Suci. Kami yakin bahwa, di bawah kepemimpinan yang bijaksana dan bimbingan Yang Mulia, komunitas internasional akan melakukan upaya yang lebih besar lagi untuk memajukan perdamaian dunia," kata Menteri Budi. 

Baca juga: Duta Besar Vatikan tiba di Kota Jayapura

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023