Jakarta (ANTARA) - Perusahaan transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi Schneider Electric (SE) mendukung upaya pembaruan jaringan infrastruktur kelistrikan masa depan yang lebih berkelanjutan dan berbasis digital.

Business Vice President Power System, Schneider Electric Indonesia Surya Fitri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis menyatakan pencapaian target net-zero emission melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan perlu dibarengi dengan pembaruan infrastruktur jaringan kelistrikan terdesentraslisasi untuk mengakomodasi kebutuhan energi masa depan.

"Jaringan listrik cerdas (smart grid) yang terdesentralisasi, diperkuat oleh pembangkit listrik terbarukan, akan membawa kita menuju dunia dengan emisi nol-bersih," ujarnya dalam panel diskusi pada konferensi Enlit Asia 2023 “Strengthening ASEAN Readiness in Energy Transition” di ICE BSD City Tangerang, Banten 14-16 November 2023.

Smart grid, lanjutnya, sangat penting untuk memastikan ketersediaan pasokan energi yang efisien, tangguh, dan andal untuk masa depan.

Dikatakannya, smart grid memungkinkan untuk memprediksi, mendeteksi, dan mencegah berbagai gangguan mulai dari potensi
susut energi (power losses), dan listrik padam secara tiba-tiba.

Smart grid juga memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam mengelola berbagai sumber daya energi terbarukan yang ke depannya diperkirakan akan semakin bervariasi.

Transformasi sektor kelistrikan masa depan, lanjutnya, khususnya dalam sistem jaringan distribusi perlu mencakup visibilitas menyeluruh atas seluruh aset jaringan, kendali jarak jauh dan kemampuan analitik secara real time, aksesibilitas tanpa henti dan jaminan keamanan data.

Terkait hal itu Surya menyatakan di ajang pameran tersebut pihaknya menampilkan solusi-solusi smart grid guna menjawab kebutuhan transformasi sektor kelistrikan mencakup SM AirSet, Power Monitoring Expert, Building Operation, PowerLogic T300 dan Easy UPS 3-phase modular.

Sektor energi termasuk kelistrikan, lanjutnya, membutuhkan strategi perencanaan transformasi yang komprehensif dan dukungan mitra digital yang mumpuni dan terstandarisasi.

"Sektor ini menjadi tonggak utama kesuksesan upaya dunia yang tengah bergerak menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan,' katanya

Baca juga: PLN terus bangun infrastruktur kelistrikan pastikan pemerataan energi
Baca juga: Kementerian ESDM: Jaringan listrik cerdas jadi kunci capai target NZE
Baca juga: Schneider Electric soroti pentingnya rantai pasok berkelanjutan

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023