Jalan Tol Akses IKN ditargetkan dapat selesai pada April 2024
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara ditargetkan selesai April tahun depan.

"Jalan Tol Akses IKN ditargetkan dapat selesai pada April 2024," ujar Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi di Jakarta, Kamis.

Tulus mengatakan, penyelesaian Jalan Tol Akses IKN dalam rangka agar tol tersebut dapat digunakan pada Agustus 2024 atau ketika perayaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

"Targetnya sebelum Agustus 2024, Jalan Tol Akses IKN Nusantara sudah selesai," katanya.

Kementerian PUPR saat ini membangun sejumlah seksi Jalan Tol Akses IKN. Untuk Jalan Tol Akses IKN Seksi 5A saat ini progres pembangunannya mencapai 61,34 persen.

Jalan Tol Akses IKN Seksi 5A nantinya terkoneksi dengan Jalan Tol Akses IKN Seksi 5B sebagai akses konektivitas ke Bandara Very Very Important Person (VVIP) IKN.

Sedangkan Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B saat ini masing-masing progres pembangunannya mencapai 34,22 persen dan 42,67 persen.

Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang telah beroperasi terlebih dahulu.

Jalan Tol Akses IKN dibangun untuk menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara dengan Kota Balikpapan.

Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh Balikpapan - KIPP IKN Nusantara dari 2,5 jam menjadi sekitar 30 menit.

Proyek pembangunan Tol Akses IKN merupakan bagian dari pembangunan IKN Nusantara, sehingga menggunakan dana dari APBN.

Jalan Tol Akses IKN merupakan salah satu infrastruktur dasar di IKN yang pembangunannya dipercepat oleh Kementerian PUPR dalam rangka mendukung konektivitas dan dimulainya pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara secara bertahap pada 2024.

Baca juga: PUPR: Progres pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 5A capai 61,34 persen

Baca juga: Kementerian PUPR: Bandara VVIP IKN terkoneksi Jalan Tol IKN Seksi 5B

Baca juga: Proyek jalan tol IKN raih penghargaan dari Bentley Systems

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023