Wini, NTT (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (16/11) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Jokowi sampaikan tiga fokus ASEAN Caucus termasuk soal transisi energi

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tiga bidang kerja sama, termasuk mengenai transisi energi di kawasan, yang dapat menjadi fokus ASEAN Caucus dalam Dewan Penasihat Bisnis APEC (APEC Business Advisory Council).

Dalam ABAC ASEAN Caucus Day di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11), Jokowi mengatakan fokus pertama adalah percepatan transisi energi, di antaranya mengenai kesepakatan ASEAN menjadi global hub industri kendaraan listrik.

"Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini. Di sisi lain, transisi energi juga membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi, di mana prakarsa Indo Pacific impact fund itu dapat memiliki peran yang signifikan," kata Jokowi dalam keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Kamis pagi.

Silakan klik di sini.

2. ADMM Plus Ke-10 sambut keikutsertaan Menhan Timor Leste

ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Plus Ke-10 di Jakarta, Kamis, menyambut kehadiran Menteri Pertahanan Timor Leste Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes yang untuk pertama kalinya mengikuti rangkaian pertemuan ADMM Plus sebagai pengamat (observer).

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang memimpin pertemuan ke-10 ADMM Plus, menyebut kehadiran Menhan Timor Leste dalam forum Menhan se-ASEAN dengan menhan dari delapan negara mitra ASEAN itu merupakan momentum untuk mewujudkan diskusi yang konstruktif, yang ditujukan untuk kepentingan bersama.

“Saya ingin menyampaikan kepada para menteri hari ini, Menteri Pertahanan Timor Leste diterima untuk pertama kalinya bergabung dalam forum ADMM Plus, dan ini merupakan momentum setelah disahkan panduan untuk status observer Timor Leste di ADMM, ADMM Plus, dan pertemuan terkait lainnya,” kata Menhan Prabowo saat membuka ADMM Ke-10 di Jakarta, Kamis.

Silakan klik di sini.

3. Mahfud Md: Anwar Usman tak boleh terlibat sidang sengketa Pilpres

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Mahfud Md mengatakan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tidak boleh ikut terlibat menyidangkan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Untuk menyidangkan sengketa Pilpres tidak boleh karena sudah ada putusan Majelis Kehormatan MK, dia (Anwar Usaman) tidak boleh menyidangkan semua sengketa hasil pemilu atau di semua tingkatan," kata Menko Polhukam Mahfud Md di Padang, Sumbar, Kamis. Hal tersebut disampaikan Mahfud Md usai memberikan kuliah umum di Universitas Andalas bertemakan "Mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis dan bermartabat".

Silakan klik di sini.

4. Dua pesawat Super Tucano TNI AU jatuh di Pasuruan

Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI Angkatan Udara jatuh di Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS), tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis siang.

Dua pesawat itu diperkirakan jatuh sekitar pukul 12.00 WIB.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, saat dihubungi di Jakarta, Kamis, membenarkan insiden jatuhnya dua pesawat TNI AU itu.

Silakan klik di sini.

5. Ma'ruf Amin kunjungan kerja ke Bandung naik Whoosh

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, dengan menumpang Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun KCIC Halim menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Bandung, Kamis.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, di Bandung, Ma'ruf Amin akan menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Islam Nusantara (Uninus) di Sekejati, Bandung.

Silakan klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023