San Francisco (ANTARA) - Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) ke-30 dimulai pada Kamis (16/11) di San Francisco, Amerika Serikat (AS), dengan tujuan untuk membangun kawasan APEC yang lebih terhubung, inovatif, dan inklusif.

Pertemuan yang digelar di Moscone Center di pusat kota San Francisco itu dipimpin oleh Presiden AS Joe Biden.

"Dunia kita berada di titik infleksi di mana keputusan yang kita ambil saat ini akan menentukan arah dunia, bukan hanya segelintir negara, untuk konsekuensi beberapa dekade ke depan," ujar Biden dalam sambutannya.

"Setiap ekonomi melihat tanda-tanda apa yang akan terjadi jika kita tidak bertindak," katanya.

"Kita bertanggung jawab atas bagian terbesar dari misi global. Kita juga harus bertanggung jawab atas solusi-solusi yang ada selagi kita masih memiliki waktu untuk mengubah arah," ujar Biden.

Pertemuan para pemimpin tersebut, yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis dan Jumat (17/11), mengumpulkan para pemimpin politik dan bisnis dari 21 negara anggota APEC.

Pertemuan itu merupakan puncak dari Pekan Pemimpin APEC, yang diselenggarakan di San Francisco pada 11-17 November dengan tema Menciptakan Masa Depan yang Tangguh dan Berkelanjutan bagi Semua (Creating a Resilient and Sustainable Future for All).

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023