Gaza (ANTARA) - Tempat penampungan yang dikelola oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza tengah dan selatan kelebihan kapasitas parah dengan jumlah pengungsi yang mencapai rekor tertinggi.

Sebuah laporan UNRWA pada Rabu (15/11) menyebutkan bahwa lebih dari 1,6 juta orang di Gaza telah menjadi pengungsi internal, termasuk sekitar 813.000 orang yang berlindung di 154 tempat penampungan UNRWA.
 
Para pengungsi Palestina terlihat di tempat penampungan sementara, yang diubah dari sebuah sekolah, di Jalur Gaza tengah, pada 16 November 2023.
(Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) dalam laporannya pada Rabu menyatakan bahwa tempat-tempat penampungan UNRWA saat ini menampung orang-orang dengan jumlah yang jauh melampaui kapasitasnya.

Hal ini memicu penyebaran penyakit, termasuk infeksi saluran pernapasan akut dan diare, menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan

Kondisi tersebut juga berdampak terhadap kemampuan lembaga itu dalam menyediakan layanan yang efektif dan tepat waktu, menurut OCHA.
 
Seorang anak pengungsi terlihat di sebuah sekolah yang diubah menjadi tempat penampungan sementara di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, pada 15 November 2023. (Xinhua/Khaled Omar)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023