Beijing (ANTARA) - China akan terus melonggarkan akses pasar dan memberikan arena bermain yang setara dan adil bagi investor asing, kata badan utama perencana ekonomi negara itu pada Kamis.

China akan memangkas daftar negatifnya untuk investasi asing secara masuk akal, dan menghapus semua pembatasan bagi investor asing yang memasuki industri manufaktur, kata Li Chao dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) China pada sebuah konferensi pers.

Selain merevisi atau mencabut undang-undang dan peraturan yang tidak sesuai dengan Undang-Undang Penanaman Modal Asing dan peraturan tentang peningkatan lingkungan bisnis, China juga akan mendorong kompetisi yang adil di berbagai bidang, seperti pengadaan, pemotongan pajak dan biaya, serta perizinan dan persetujuan proyek, ujar Li.

China akan meningkatkan dukungan kebijakan untuk proyek-proyek utama yang didanai oleh perusahaan-perusahaan asing, dengan upaya-upaya terkoordinasi untuk mengatasi berbagai masalah terkait penggunaan lahan, analisis lingkungan, dan konsumsi energi, lanjutnya.

Berbagai upaya juga akan dikerahkan guna meluncurkan lebih banyak kegiatan untuk mendorong kerja sama global, serta menjembatani perusahaan-perusahaan transnasional dan proyek-proyek investasi lokal, kata pejabat NDRC itu.

"Kami menyambut para investor dari seluruh dunia untuk berinvestasi dan berkembang di China, dan seperti biasa, kami akan menyediakan lingkungan bisnis yang menguntungkan serta kemudahan untuk produksi dan operasional mereka di sini," tambah Li.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023