Kendari (ANTARA) - PT Kendari Bay Seafood lepas ekspor perdana belasan ton daging rajungan ke Amerika Serikat, pada Rabu (15/11). 

Direktur PT Kendari Bay Seafood, Ahmad Faisal, mengungkapkan bahwa perusahaan telah mampu mengekspor 6.080 karton daging rajungan seberat 16.474 kilogram melalui jalur laut. Ekspor perdana daging rajungan ini menghasilkan nilai devisa ekspor sebesar 473.260 USD. 

Keberhasilan pelaksanaan ekspor perdana ini, menurutnya tak lepas dari asistensi dan dukungan dari Bea Cukai Kendari. “Kehadiran Bea Cukai Kendari sangat kami rasakan manfaatnya. Dukungan dari Bea Cukai sangat membantu kami untuk berani bangkit pasca-Covid-19. Kami tidak menyangka bahwa kami mampu melakukan ekspor,” ujar Ahmad.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Tonny Riduan P. Simorangkir menyatakan bahwa terlaksananya ekspor perdana ini menjadi bukti komitmen Bea Cukai Kendari dalam membina dan mengasistensi UMKM dari awal pengembangan usaha hingga akhirnya dapat melakukan ekspor. 

"Bea Cukai Kendari terus berupaya melaksanakan tugas industrial assistance di wilayah Sulawesi Tenggara ini dengan optimal. Karena kami yakin bahwa UMKM juga mampu memberikan sumbangsih nyata bagi negara lewat devisa hasil ekspor," katanya.

Tonny juga mengapresiasi keberhasilan PT Kendari Bay Seafood. "Kami merasa bangga bahwa akhirnya UMKM di Sulawesi Tenggara ini mampu menembus pangsa pasar Amerika Serikat. Selama ini, UMKM hanya mengekspor hasil laut tanpa pengolahan lebih lanjut. Namun untuk ekspor kali, sudah selangkah lebih maju. Komoditas yang diekspor merupakan produk olahan lebih lanjut," pungkas Tonny.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023