Tahun ini tiga pasar mendapat penghargaan dan sebelumnya Pasar Tanjung,
Tabalong (ANTARA) - Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan kepada tiga pasar di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, sebagai Pasar Tertib Ukur Tahun 2023.

Masing-masing, Pasar Kelua di Kecamatan Kelua, Pasar Arba di Kecamatan Banua Lawas dan Pasar Kapar di Kecamatan Murung Pudak.

"Tahun ini tiga pasar mendapat penghargaan dan sebelumnya Pasar Tanjung," jelas Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Syamani di Tanjung, Jumat.

Baca juga: Pemkot Depok jalin kerja sama wujudkan Daerah Tertib Ukur pada 2024

Dia mengatakan, penghargaan dari Kementerian Perdagangan ini bisa menjadi pemacu semangat SKPD terkait untuk mencapai target dalam mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah tertib ukur.

Saat ini dari total 28 pasar yang dikelola Pemerintah Kabupaten Tabalong ada empat pasar telah memperoleh penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kabid Perdagangan dan Kemetrologian DISKOPUKMPP Kabupaten Tabalong Noviana Eredha mengatakan Tera Ulang Alat Ukur Timbang dan Takar serta Perlengkapannya (UTTP) dilakukan secara berkala di semua pasar di Kabupaten Tabalong.

Penghargaan diserahkan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan di Hotel Pullman Bandung pada Jumat (17/11).

Baca juga: Pemkab Magetan raih Penghargaan Daerah Tertib Ukur dari Kemendag RI

Melalui rilis Diskominfo Tabalong Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengatakan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk mewujudkan konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Konsumen berdaya secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Upaya untuk terus melindungi konsumen memiliki tantangan yang besar.

Hal ini mengingat Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia yang mencapai 278 juta jiwa.

Jumlah tersebut seluruhnya merupakan konsumen sekaligus target pasar produk dalam dan luar negeri.

Mendag mengapresiasi seluruh Pemerintah Daerah yang telah mendukung kegiatan perlindungan konsumen di wilayahnya, serta menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk mewujudkan konsumen berdaya.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023