Jakarta (ANTARA) - Grup RS Siloam bekerja sama dengan Telkomsel dan BenihBaik.com menggelar Program bantuan medical check-up (MCU) gratis kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dalam rangka Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

Program MCU gratis itu digelar di lima wilayah Indonesia antara lain Manado, Kupang, Cirebon, Bangka, dan Jambi, dengan melibatkan 320 orang veteran selama periode 10-17 November 2023.

"Kami sangat menyambut baik kolaborasi dengan Telkomsel dan BenihBaik.com ini," kata Sales & Marketing Associate Director Grup RS Siloam, Sri Dewiwaty Widjaja, dalam siaran resmi pada Jumat.

Baca juga: RS Siloam TB Simatupang hadirkan program kehamilan Nest

"Sebanyak lima unit rumah sakit kami, di antaranya RS Siloam Cirebon (RS Putera Bahagia), RS Siloam Kupang, RS Siloam Paal Dua Manado, RS Siloam Jambi, dan RS Siloam Bangka Belitung siap mendukung kegiatan bagi para veteran yang telah sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa," kata Sri Dewiwaty Widjaja.

Dalam kegiatan yang berlangsung di kantor LVRI masing-masing kota, kata dia, penyelenggara telah menyediakan dua dokter dan empat perawat.

"Mereka akan standby di hari H mulai pukul 09.00-15.00 waktu setempat (WIB dan WITA),” ujar Sri Dewiwaty Widjaja.

Adapun para peserta yang terlibat dalam kegiatan itu mencapai 320 veteran dengan rincian 80 veteran untuk masing-masing kota di Manado, Cirebon, dan Kupang serta 40 veteran untuk masing-masing kota di Bangka Belitung dan Jambi.

Dalam program tersebut, Telkomsel juga mengajak para penggunanya untuk berdonasi dengan cara menukarkan Telkomsel Poin. Donasi dari pengguna Telkomsel kemudian dikonversikan dalam bentuk medical check-up gratis yang diberikan kepada para veteran, mencakup berbagai pemeriksaan kesehatan, termasuk pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, visus penglihatan, dan pemeriksaan asam urat.

Selain itu, tim medis RS Siloam juga memberikan konsultasi kesehatan secara individual kepada para veteran tersebut, memberikan edukasi tentang pola makan sehat, pentingnya olahraga, dan bagaimana menjaga kesehatan untuk lansia.

Adapun jadwal kegiatan yang berlangsung adalah LVRI Kota Manado (10 November 2023), LVRI Kota Cirebon (10 November 2023), LVRI Kota Kupang (11 November 2023), LVRI Kota Bangka (17 November 2023), dan LVRI Kota Jambi (17 November 2023).

Baca juga: Mengenal metode elastografi hati, lebih mudah dan tidak menyakitkan

Baca juga: Grup RS Siloam perbarui kerjasama dengan Philips Indonesia

Baca juga: UI dan dua rumah sakit di Kupang kerja sama penempatan dokter urologi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023