Jakarta (ANTARA) - Kordinator Nasional Garda Matahari Azrul Tanjung menargetkan 80 persen suara pemilih organisasi islam Muhammadiyah, untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Muhammadiyah yang paling solid, target 80 persen dari 60 juta warga Muhammadiyah," katanya di Jakarta, Jumat.

kata dia, pemilih Muhammadiyah sekitar 60-70 persen berada di Pulau Sumatera, Jawa dan Banten. Dia mengklaim sebagian besar para aktivis Muhammadiyah telah bergabung bersama relawan Garda Matahari.

"Walaupun Garda Matahari tidak mengatasnamakan Muhammadiyah, tapi para aktivis Muhammadiyah bergabung di dalamnya," ujar Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah itu.

Penegasan itu disampaikan Azrul usai Garda Matahari mendeklarasikan dukungan dan siap memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024. Deklarasi nasional itu turut dihadiri calon presiden Anies Baswedan dan beberapa pengurus wilayah Muhammadiyah dari Jakarta dan Banten.

Beberapa waktu lalu, Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin bersama sejumlah pimpinan ormas Islam mendeklarasikan dukungan kepada Anies-Muhaimin.

Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin siap menghadiri uji publik calon presiden dan calon wakil presiden yang diselenggarakan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, pada 22 November 2023 di Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Garda Matahari siap menangkan pasangan Anies-Cak Imin
Baca juga: Anies Baswedan: Berikan kebebasan rakyat untuk menentukan pilihan
Baca juga: Relawan Pro Anies dorong penyempurnaan timnas AMIN

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023