Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta pada Jumat (17/11) masih layak untuk disimak hari ini, antara lain perkembangan pembangunan Halte Cawang, penghijauan di TPU Waduk Cipayung, hingga tiga poin usulan besaran upah minimum provinsi (UMK) DKI Jakarta 2024.

Berikut ulasannya:

Progres Halte Cawang capai 70 persen

Progres revitalisasi Halte Cawang Central di depan Universitas Kristen Indonesia (UKI) hingga saat ini mencapai 65 sampai 70 persen sehingga ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Progres sampai hari ini sudah 65 sampai 70 persen," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Welfizon Yuza saat berkunjung ke halte tersebut di Jakarta Timur, Jumat.

Baca di sini

Heru tanam 200 pohon di TPU Waduk Cipayung

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Wijaya Karya (WIKA) Group menanam 200 pohon aneka jenis dan menebarkan 10.000 benih ikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Waduk Cipayung, Jakarta Timur, Jumat, sebagai upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kualitas udara.

"Lahan punya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Di lahan ini, ada TPU, waduk, dan taman. Semuanya bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Pembangunannya sudah selesai, nanti tinggal dirapikan saja sedikit-sedikit. Waduknya dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta," kata Heru dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Baca di sini

Sidang penetapan UMP DKI 2024 hasilkan tiga poin usulan

Sidang Dewan Pengupahan untuk membahas rekomendasi besaran upah minimum provinsi (UMK) DKI Jakarta 2024 yang digelar pada Jumat menghasilkan tiga poin usulan dari Pemprov DKI Jakarta, pengusaha, dan pekerja.

"Kami berusaha untuk mendiskusikan satu angka supaya Pak Pj Gubernur lebih mudah. Ternyata tidak bisa kami hasilkan satu angka, jadi kami tidak voting, tetapi akhirnya mengusulkan ada tiga angka," kata Pakar dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Djainal Abidin Simanjuntak usai menghadiri sidang pembahasan rekomendasi UMP DKI 2024 di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca di sini

Belasan bangunan liar di Pulogadung dibongkar petugas gabungan

Petugas gabungan terdiri dari Satpol PP Jakarta Timur, TNI, Polri dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membongkar 18 bangunan liar di Jalan Pisangan I, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat.

"Hari ini kami melaksanakan penertiban 18 bangunan liar yang lokasinya berada di fasilitas umum," kata Kepala Satpol (Kasatpol) PP Jakarta Timur Budhy Novian menjawab pers, saat penertiban bangunan liar tersebut.

Menurut dia, bangunan permanen dan semi permanen yang dibongkar itu sebelumnya digunakan untuk tempat usaha dan lokasinya berada di trotoar hingga badan jalan, seperti, tempat WC umum, pedagang kaki lima (PKL) sol sepatu dan Pom Mini.

Baca di sini

Edukasi pemilih pemula, KPU gelar sosialisasi di kampus

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan gelar wicara berjudul “Anak Muda Membangun Bangsa, Gak Milih Gak Keren” guna mengedukasi pemilih pemula dan pemilih muda agar berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2024.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program sosialisasi KPU bernama KPU Goes to Campus, School, dan Pesantren, guna meningkatkan partisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Sebanyak sekitar 200 mahasiswa Universitas Nasional menyambut acaranya dengan antusias.

Dalam siaran pers dari KPU DKI Jakarta yang diterima ANTARA pada Jumat, Kepala Bagian Pendidikan Pemilih KPU RI Arif Ma'ruf mengatakan, pihaknya berharap mahasiswa dapat berperan sebagai agen perubahan. Menurutnya, mahasiswa memiliki kesadaran, kepekaan, kepedulian, dan imajinasi.

Baca di sini
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023