Jakarta (ANTARA) - Brokoli telah lama dikenal karena banyaknya manfaat kesehatan yang mengesankan, mulai dari sifat pelindung kanker hingga nutrisi yang dapat mendukung kesehatan jantung dan otak.
 
Sayuran cruciferous juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, C, K, folat, serat, dan potasium, yang semuanya dibutuhkan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik.
 
Ditulis laman Eating Well Rabu (15/11), sayuran ini memiliki lebih banyak manfaat, terutama dalam menurunkan kadar gula darah. Sebagai sayuran non-tepung, brokoli adalah salah satu pesaing utama untuk dimasukkan dalam makanan dan camilan seimbang.
 
Ini mengandung kurang dari 6 gram karbohidrat per 1 cangkir porsi mentah, menurut Departemen Pertanian AS (USDA), dan sekitar 2 gram serat. Kombinasi rendah karbohidrat dan menawarkan serat, yang memperlambat pencernaan, berarti mengonsumsi brokoli hanya memiliki efek minimal pada kadar gula darah Anda.

Baca juga: Jaga jantung sehat lewat konsumsi brokoli dan kubis
 
Selain itu, makan brokoli dan makanan kaya serat lainnya meningkatkan rasa kenyang. American Diabetes Association merekomendasikan penderita pradiabetes dan diabetes untuk mengikuti Metode Piring Diabetes dengan mengisi setengah piring Anda dengan sayuran non-tepung, salah satunya brokoli.
 
Penelitian dan ulasan Phytomedicine Plus tahun 2023 juga menunjukkan bahwa senyawa Sulforaphane dalam sayuran seperti brokoli memberikan aroma dan rasa pahit yang khas, dapat berperan dalam membantu mengelola gula darah tinggi dan resistensi insulin, serta mengurangi stres oksidatif, yang merusak pembuluh darah dan bertanggung jawab atas beberapa komplikasi jantung diabetes.
 
Spesialis perawatan dan pendidikan diabetes bersertifikat di Nudj Health Angelina Bañuelos-Gonzalez mengatakan makan brokoli adalah cara lain bagi penderita gula darah tinggi untuk tetap terhidrasi.
 
"Ketika gula darah Anda naik, Anda juga berisiko mengalami dehidrasi, karena gula darah tinggi membuat Anda buang air kecil lebih banyak," katanya.

Baca juga: Brokoli bagus untuk kesehatan usus
 
Brokoli mengandung 90 persen air, menurut USDA, jadi makan buah-buahan segar dan sayuran seperti brokoli juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi.
 
Disamping itu, harga brokoli juga terjangkau dan jika membeli brokoli segar, bisa bertahan tiga hingga lima hari di lemari es. Membekukan brokoli juga bisa menjaga semua vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.
 
Cara mengkombinasikan brokoli ke dalam makanan juga tidak sulit. Brokoli bisa dipanggang, dikukus, atau ditumis.
 
"Pasangkan sayuran dengan salmon dan nasi merah. Saat sarapan, potong brokoli menjadi potongan-potongan kecil dan gunakan dalam telur orak-arik atau telur dadar yang dipadukan dengan buah,” saran Jocelyne Loran, RD, CDCES, ahli diet terdaftar dan spesialis perawatan dan pendidikan diabetes bersertifikat di Charles Regional Medical Center Universitas Maryland.
 
Kombinasikan juga yogurt Yunani polos favorit Anda dengan herba kering seperti daun bawang, adas manis, peterseli, bawang putih, dan bubuk bawang merah untuk saus buatan sendiri.
 
Bañuelos-Gonzalez dan Loran menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli diet terdaftar atau penyedia layanan kesehatan utama Anda untuk menentukan apakah dan berapa banyak brokoli dan makanan kaya vitamin K lainnya yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Baca juga: Tips menyimpan brokoli, stroberi, dan nanas awet hingga 1 bulan

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023