Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (17/11), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. ANRI kumpulkan Surat Cinta Bung Karno berisi fakta baru soal G-30-S/PKI

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengumpulkan lebih dari 300 arsip salah satunya sejumlah Surat Cinta Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno kepada istrinya Ratna Sari Dewi di Tokyo, Jepang, yang berisi fakta baru soal G-30-S/PKI.

"Arsip sudah di Indonesia, tetapi aslinya masih di sana (Jepang). Nanti pelan-pelan kami akan bawa juga aslinya," kata Kepala ANRI Imam Gunarto di sela Agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Denpasar, Bali, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

2. Menpan RB pastikan tes CASN transparan-akuntabel

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan semua tahapan tes seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) berjalan transparan dan akuntabel.

"Tesnya online (daring), Computer Assisted Test (CAT), nilai langsung keluar, live score, tanpa jeda sehingga tidak bisa diintervensi siapa pun, bahkan itu ditampilkan live di YouTube. Prosesnya juga kita tambahi pakai face recognition, sehingga tak ada lagi joki tes," kata Anas dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini

3. Presiden hadiri sejumlah pertemuan di KTT APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri sejumlah pertemuan di sela penyelenggaraan KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (16/11) waktu setempat atau Jumat waktu Indonesia.

Menurut informasi yang diterima di Jakarta, Jumat, Presiden antara lain menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Peru Dina Boluarte di Moscone Center, San Fransisco, Amerika Serikat.

Selengkapnya baca di sini

4. TKN: Uang berstempel tulisan Prabowo rugikan paslon

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa dugaan kasus selebaran uang rupiah pecahan Rp20.000 berstempel tulisan 'Prabowo Satrio Piningit' telah merugikan pasangan calon presiden dan wakil presiden mereka.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, memastikan uang tersebut bukanlah hasil dari kampanye TKN ataupun TKD, baik dari koalisi partai maupun pendukungnya.

Selengkapnya baca di sini

5. Menhan se-ASEAN sepakat kekerasan di Gaza harus segera berhenti

Menteri-menteri pertahanan se-ASEAN, kecuali Myanmar, dalam pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Ke-17 di Jakarta sepakat seluruh bentuk kekerasan di Gaza harus segera berhenti.

Sikap bersama itu meskipun tidak tercantum dalam hasil pertemuan, yaitu Jakarta Joint Declaration, tetap disampaikan dalam Pernyataan Pimpinan (Chairman’s Statement) ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) yang disiarkan di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini
 

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023