mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bang Onim
Jakarta (ANTARA) - Pegiat kemanusiaan asal Indonesia Abdillah Onim atau Bang Onim meraih penghargaan dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Buya HAMKA (Uhamka).

“Tentunya saya hadir di Palestina atas nama Indonesia, atas nama kemanusiaan,” ujar Onim pada peringatan Milad Uhamka ke-66 dan Milad Muhammadiyah ke-111 di Jakarta, Sabtu.

Sampai saat ini, lanjut dia, dirinya dan keluarga masih tak percaya bisa keluar dari Jalur Gaza yang mana saat ini berkecamuk perang akibat agresi Israel.

“Saya melihat langsung sejak agresi hari pertama hingga ke-28 di Jalur Gaza, saya melihat langsung bagaimana penderitaan saudara kita di Palestina, anak-anak, perempuan dan lansia sungguh menderita,” terang alumni Uhamka tersebut.

Baca juga: Rp10 Juta per-KK dari rakyat Indonesia untuk warga Gaza.
Baca juga: Baznas RI terima donasi untuk Palestina dari MUI senilai Rp23 miliar


Dia menambahkan yang menjadi korban dalam agresi tersebut tidak hanya umat Muslim saja, tetapi juga masyarakat Palestina beragama Kristen dan lainnya. Dirinya memilih berada di Palestina sebelum kemudian dievakuasi ke Indonesia, karena beberapa alasannya yakni amanah konstitusi yang menentang penjajahan di muka bumi.

“Isu Palestina adalah isu kemanusiaan, kita manusia mereka manusia. Kita makhluk hidup, mereka makhluk hidup,” imbuh dia.

Onim menambahkan sebagai relawan yang berangkat ke Palestina butuh keseriusan dengan menjiwai menjadi seorang pegiat kemanusiaan.

"Selain doa, kita bisa memberikan donasi kepada mereka. Namun donasi pun tidak cukup, kita juga harus memberikan edukasi sehingga masyarakat Indonesia bahkan Uhamka tertarik akan sejarah Palestina. Harapan saya untuk Uhamka yang sudah berusia ke-66 dapat sukses selalu dan memberikan manfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Onim lagi.

Baca juga: Donasi Kemanusiaan Rakyat Palestina -- PMI Terima Donasi 1 Miliar dari Pizza Hut
Baca juga: Kemenag Sultra kumpulkan dana Rp500 juta lebih untuk Palestina


Rektor Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pada alumni yang berkiprah di bidang kemanusiaan. Gunawan berharap hadirnya Onim dapat memberikan motivasi untuk berkontribusi kepada negara dan juga dunia.

“Uhamka sangat bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bang Onim,” imbuh Gunawan lagi.

Peringatan milad Uhamka tersebut mengusung tema “Uhamka Mendidik, Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”. Pada peringatan tersebut, Uhamka menyalurkan donasi sebesar Rp50 juta bagi masyarakat Palestina dan juga diselenggarakan jalan sehat yang diikuti lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan.

Baca juga: ASN dan masyarakat Sumbar donasi Rp2,4 miliar untuk Palestina
Baca juga: UMI Makassar serahkan donasi Rp2 miliar ke Palestina
Baca juga: Indonesia, Brunei, Malaysia desak gencatan senjata di Gaza


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023