Ini merupakan tambahan motivasi bagi kami untuk terus bergerak, terus berbuat untuk mendorong anak muda agar peduli terhadap lingkungan sekitar
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kepedulian pra pemuda di daerah itu untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan agar memberi manfaat bagi kehidupan.

"Semangat menjaga kelestarian lingkungan ini perlu terus kita gelorakan agar semakin banyak warga yang terlibat di dalamnya sehingga semakin banyak yang peduli sehingga ke depan kondisi lingkungan akan semakin asri, sehat dan nyaman untuk kehidupan," kata Ketua Pepelingasih Provinsi Babel Orie Fachridho Hermawan di Mentok, Minggu.

Baca juga: Langkah Membumi Festival ajak ecopreneurs siapkan solusi lingkungan

Untuk meningkatkan perak aktif masyarakat, khususnya generasi muda, agar semakin peduli terhadap pelestarian lingkungan, Pepelingasih Babel sebagai kelompok pemuda binaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Babel secara berkala melakukan sosialisasi dan beberapa kegiatan lain yang berkaitan dengan isu lingkungan.

Salah satu kegiatan yang baru saja dilakukan adalah berpartisipasi dalam Jambore Nasional Relawan Lingkungan yang digelar Forum Daerah Aliran Sungai Babel di Wisata Alam Batu Mentas, Belitung, beberapa hari lalu.

Jambore nasional ini diikuti ratusan relawan lingkungan utusan dari 21 provinsi se-Indonesia dan perwakilan para pemuda dari seluruh kabupaten dan kota di Babel.

Keterlibatan Pepelingasih dalam kegiatan ini sudah rutin diikuti sebagai pegiat lingkungan karena dari kegiatan itu para peserta akan mendapatkan banyak manfaat tambahan ilmu dan pengalaman dari para pemateri.

Baca juga: KLHK imbau warga jaga hutan di Papua

Selain itu, dengan berkumpul bersama para utusan dari seluruh Indonesia akan menambah wawasan dan ajang berbagi pengalaman dengan sesama pegiat lingkungan.

"Ini merupakan tambahan motivasi bagi kami untuk terus bergerak, terus berbuat untuk mendorong anak muda agar peduli terhadap lingkungan sekitar," ujarnya.

Pada kegiatan tahunan tersebut, Duta Pepelingasih Babel juga berhasil menorehkan prestasi menjadi juara pertama lomba debat lingkungan tingkat nasional dan menjadi relawan terbaik.

"Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan relawan lingkungan sebagai upaya mengenalkan kepada generasi muda dalam menjaga lingkungan sekitar sehingga bisa menumbuhkan rasa peduli dengan merasakan langsung ketika berada di alam yang masih asri dan lestari," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan jambore nasional relawan lingkungan, peran pemuda sebagai relawan di bidang lingkungan bisa berkontribusi secara nyata dengan program yang telah dilaksanakan ini.

"Berbagai program yang disiapkan akan kita tindak lanjuti dengan cara kolaborasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk dapat saling membantu mewujudkan lingkungan berkelanjutan yang lebih baik di Provinsi Babel," katanya.

Baca juga: SDI komitmen capres/cawapres untuk isu demokrasi dan lingkungan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023