Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyalurkan bantuan sembako kepada 18.612 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam Leo Putra di Batam, Senin, mengatakan setiap paket sembako yang diterima KPM-PKH terdiri atas 10 kilogram beras premium, 1 kilogram minyak, 1 kilogram gula, dan 1 kaleng susu kental manis.

Baca juga: Pemkot Singkawang sebar 1.650 paket sembako murah

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan bantuan sembako yang diberikan Pemkot Batam kepada KPM-PKH tersebut diharapkan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhannya.

Ia menjelaskan bantuan sembako untuk KPM-PKH tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat, terutama di tengah harga sembako yang merangkak naik.

"Mudah-mudahan bulan Desember dan Januari akan kita berikan sembako lagi," kata Rudi.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya sebar 2.000 paket sembako murah untuk rakyat

Sebelumnya, Pemkot Batam menyiapkan sebanyak 76.830 paket sembako murah untuk pengendalian inflasi menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian mengatakan paket sembako murah tersebut berisi kebutuhan pokok yaitu beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan gula 1 kilogram.

"Program pengendalian inflasi ini disiapkan sebanyak 76.830 paket. Untuk teknis harga dan mekanisme serta jadwal kegiatan sembako murah ini dimulai pada 1 November, titik awal di Komplek Aku Tahu," kata Gustian.

Baca juga: Pemkab Bangkep-Baznas sinergi bantu kebutuhan pangan warga

Ia menambahkan, masyarakat cukup membayar sebesar Rp50.000 untuk setiap paket sembako.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023