Kami percaya kolaborasi ini membuka peluang baru bagi UMKM mengadopsi teknologi aplikasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka...
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga dapat mengembangkan pasar yang lebih luas.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sumut Naslindo Sirait mengatakan melalui kerja sama ini, UMKM akan mendapat berbagai keuntungan seperti pelatihan, mengakses perbankan, melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) dan juga magang di UBM, didukung aplikasi SIMITRA.

“Kami percaya kolaborasi ini membuka peluang baru bagi UMKM mengadopsi teknologi aplikasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, serta membantu mereka memasuki pasar yang lebih luas," ujar Naslindo Sirait seusai berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Apindo Sumut, di Medan, Senin.

Baca juga: Apindo: ketentuan upah minimum harus dilandasi semangat bangun RI

Menurutnya, saat ini para pelaku UMKM memiliki sejumlah permasalahan seperti, permodalan, pasar, dan bahan baku. Untuk itu,  kerja sama ini juga bisa mengatasi permasalahan tersebut.

"Melalui kerja sama ini. UMKM akan berkolaborasi dengan usaha besar serta menengah (UBM)," kata dia

Namun, ia melanjutkan, permasalahan tersebut bukan hal yang mudah diatasi  karena melibatkan dua pihak yang notabane sama sama pengusaha.

"Ini bukan pekerjaan yang mudah karena kolaborasi terjadi jika ada kerelaan dari dua belah pihak,” kata Naslindo.

Ia optimisitis melalui kerja sama ini produk atau jasa UMKM dan UBM akan lebih efisien dari hulu ke hilir serta akan mempermudah pendataan bagi Pemprov Sumut sehingga bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat.

“Dengan kerja sama ini, kita akan bisa membuat kluster-kluster sesuai dengan jenis usaha, selanjutnya kami akan melakukan pendataan dan akan melibatkan seluruh stakeholder," jelasnya.

Baca juga: Ulammart jadi wadah KKP untuk fasilitasi UMKM perikanan naik kelas

Sementara itu, Ketua Apindo Sumut Tarman Hartono mengatakan, kesepakatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kolaborasi antara UMKM serta  usaha besar dan menengah (UBM) yang berbasis teknologi aplikasi SIMITRA.

"DPP Apindo Sumatera Utara juga menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah penting dalam memberdayakan UMKM lokal di mana kolaborasi ini bukan hanya penandatanganan dokumen tetapi bagaimana menghubungkan aspirasi dari berbagai stakeholder dunia usaha," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023