Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak masyarakat di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu lebih giat melakukan penanaman pohon untuk mencegah terjadinya banjir pada musim hujan.

"Banyak manfaat menanam pohon, untuk itu program yang dapat memotivasi masyarakat lebih giat menanam pohon terus digalakkan," kata Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, selain mencegah terjadinya banjir, manfaat menanam pohon yakni mengurangi dampak perubahan iklim, mencegah polusi air, menambah cadangan air tanah, dan mencegah erosi tanah atau longsor.

"Pohon menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya pepohonan lingkungan menjadi nyaman, sejuk, mencegah kebisingan dan kepanasan, serta menambah indah pemandangan," ujarnya.

Melihat besarnya manfaat menanam pohon, pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama menanam pohon di kawasan permukiman dan lingkungan sekitarnya.

Gerakan menanam pohon dengan semangat gotong royong terus digalakkan mulai di desa hingga di perkotaan.

Selain semangat menanam pohon, pihaknya juga mengajak masyarakat bersama-sama melestarikan lingkungan dengan mencegah penebangan pohon.

Dengan menggalakkan kegiatan menanam pohon itu diharapkan tidak hanya menjadikan Sumsel hijau, terhindar dari banjir dan tanah longsor, tetapi juga mengurangi dampak perubahan iklim, kata Pj Gubernur Fatoni.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023