Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan LKBN ANTARA pada hari Senin (20/11), mulai dari Presiden Jokowi menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak menanggapi desakan untuk gencatan senjata di Gaza hingga Gibran merespons isu ijazah palsu yang ditudingkan kepada dirinya.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk Anda simak kembali.

1. Jokowi sebut Biden tak tanggapi desakan untuk gencatan senjata di Gaza

Presiden RI Joko Widodo menyebut Presiden AS Joe Biden tidak menanggapi desakan yang disuarakan Indonesia untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza.

Jokowi dan Biden melakukan pertemuan di Gedung Putih, Washington, D.C., pada 13 November 2023, sebelum keduanya menghadiri KTT APEC di San Francisco.

"Pada kedua kesempatan ini saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan dan gencatan senjata segera dilakukan," ujar Presiden Jokowi ketika ditemui usai melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

2. Gibran anggap tudingan ijazah palsu sebagai hal lucu

Wali Kota Surakarta sekaligus calon wakil presiden usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka menganggap tudingan ijazah palsu dari beberapa pihak sebagai hal lucu.

Dikonfirmasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin, Gibran mengaku dia tidak merasa dirugikan akibat kejadian tersebut.

"Enggak, saya anggap lucu-lucuan, karena baru sekarang dipermasalahkan," kata Gibran.

Selengkapnya di sini.

3. Anies: Keterlibatan anak muda penting dalam menggunakan hak suara

Calon Presiden RI Anies Baswedan mengungkapkan bahwa keterlibatan aktif anak muda Indonesia dalam proses demokrasi dengan menggunakan hak suara mereka pada Pemilihan Umum 2024 sangat penting

“Anak muda jangan jadi penonton dan jadi golput karena tidak dihitung suaranya,” kata Anies dalam acara 13 Tahun Mata Najwa di Jakarta, Ahad.

Selengkapnya di sini.

4. Komisi II DPR minta Bawaslu ambil sikap tegas soal OTT anggota Bawaslu Medan

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia meminta Badan Pengawas Pemilu RI mengambil sikap tegas terkait kasus anggota Bawaslu Kota Medan yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan pemerasan terhadap calon anggota legislatif beberapa waktu lalu.

“Oleh karena itu, saya kira Bawaslu harus mengambil sikap tegas soal ini,” kata Doli sebelum membuka rapat konsultasi terkait Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

5. Kadispenau: Evakuasi pesawat Super Tucano diharapkan tuntas sepekan

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyatakan evakuasi badan dua pesawat tempur EMB-314 Super Tucano diharapkan terangkut semuanya dalam waktu sepekan ke depan.

Dia menyebutkan saat ini proses evakuasi bangkai pesawat masih berlangsung, tetapi prosesnya terkendala cuaca buruk dan lokasi jatuhnya pesawat di ketinggian, yaitu sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Walaupun demikian, Agung saat memberikan informasi terbaru mengenai evakuasi pesawat di Malang, Jawa Timur, Minggu, menyebut tim dari TNI AU tidak mengerahkan helikopter untuk evakuasi karena faktor lokasi dan cuaca.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023