"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani melantik tiga anggota Pergantian Antar-Waktu (PAW) DPR RI dan MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap Saudara ikuti lafal sumpah janji yang akan saya pandu," kata Puan saat memandu pembacaan sumpah.

Pertama, Rosiyati MH Thamrin dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan I itu dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan Rifqinizamy Karsayuda.

Kedua, Andhika Hasan dari Fraksi PDIP Dapil Kalimantan Timur dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan menggantikan Ismail Thomas.

Ketiga, Kamran Muchtar Podomi dari Fraksi Partai NasDem Dapil Sulawesi Utara dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan Hillary Brigitta Lasut.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 109/P Tahun 2023 Tanggal 8 November 2023 tentang Peresmian Pergantian Antar-Waktu (PAW) Anggota DPR dan Anggota MPR Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Usai pembacaan sumpah, pimpinan DPR RI lantas menyampaikan ucapan selamat dan melangsungkan sesi foto bersama dengan anggota DPR RI yang baru saja dilantik.

Selain Puan, tampak hadir mendampingi pula para Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, dan Sufmi Dasco Ahmad.

Berdasarkan catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, rapat paripurna tersebut dihadiri oleh 125 anggota dewan secara fisik dan 169 anggota dewan lainnya menyatakan izin.

“Sehingga total kehadiran 294 dan dihadiri oleh anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI,” kata Puan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023