Washington (ANTARA) - Amerika Serikat pada Senin (20/19) mengumumkan paket bantuan militer tambahan untuk Ukraina senilai 100 juta dolar AS saat Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam kunjungan di Kiev untuk menekankan dukungan AS.

Tambahan bantuan berupa penyediaan senjata itu antara lain meliputi rudal antipesawat Stinger; satu Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (High Mobility Artillery Rocket System) dan amunisi tambahan; peluru artileri 155 mm dan 105 mm, rudal Tube-Launched, Optically-Tracked, Wire-Guided (TOW); sistem anti-lapis baja Javelin dan AT-4; lebih dari 3 juta butir amunisi senjata ringan, menurut rilis dari Departemen Pertahanan AS.

Tambahan itu menandai putaran ke-51 bantuan militer AS untuk Ukraina yang diberikan oleh pemerintahan Joe Biden dari inventaris senjata Departemen Pertahanan AS sejak Agustus 2021, dengan memanfaatkan bantuan yang sebelumnya disahkan oleh Biden berdasarkan Presidential Drawdown Authority (PDA).

PDA memungkinkan pengiriman barang dan layanan pertahanan dengan cepat dari persediaan Departemen Pertahanan AS ke negara-negara asing dan organisasi internasional untuk menanggapi keadaan darurat yang tidak terduga.

Menhan AS Austin berada di Kiev pada Senin untuk menggelar pembicaraan tingkat tinggi dengan para pemimpin Ukraina.

Dalam kesempatan itu, Austin menekankan "komitmen berkelanjutan AS untuk memberikan bantuan keamanan yang dibutuhkan Ukraina" dalam konflik dengan Rusia yang sedang berlangsung, "dan juga membahas visi jangka panjang untuk kekuatan masa depan Ukraina," ungkap Pentagon dalam sebuah pernyataan terpisah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023