Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin menetapkan Peraturan Rektor Unhas Nomor 36/UN4.1/2023 tertanggal 15 Nopember 2023 tentang kampanye pemilihan umum presiden dan wakil presiden dalam lingkup kampus Unhas.

Ketua Satgas Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden lingkup Unhas Prof Dr Muhammad Al Hamid, SIP MSi di Makassar, Selasa, mengatakan, dasar penetapan peraturan ini antara lain merujuk pada Putusan Mahkamah Konstitusi No 65/PUU-XXI/2023; Peraturan KPU No 15 tahun 2023 yang telah diubah dengan Peraturan KPU No 20 tahun 2023 tentang kampanye pemilihan umum.

Ditetapkannya Peraturan Rektor ini sebagai pedoman bagi pelaksanaan kampanye calon presiden dan calon wakil presiden di Unhas, lanjut Prof Muhammad, akan mengikat antara lain unsur pelaksana kampanye (calon presiden dan calon wakil presiden bersama tim).

Serta, Satuan Tugas Kampanye  yang telah terbentuk dengan Keputusan Rektor Unhas: 11179/UN4.1/KEP/2023 tertanggal 16 Nopember 2023, serta peserta kampanye (sivitas akademika, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan).

“Dengan adanya peraturan rektor ini tentu diharapkan terwujudnya pendidikan politik yang sehat, cerdas dan akuntabel bagi sivitas akademika Unhas,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2012-2017 ini.

Hal senada disampaikan Sekretaris Satgas Dr Sawedi Muhammad, SSos, MSc, yang mengatakan tujuan ditetapkannya peraturan rektor ini agar terwujud kampanye pemilu yang tertib, lancar, jujur, adil, bermartabat dan berintegritas khususnya dalam lingkup kampus Unhas.

“Peraturan Rektor ini juga menegaskan komitmen rektor dan seluruh jajaran sivitas akademika Unhas untuk menjunjung tinggi nilai etika, moral dan integritas dalam pelaksanaan kampanye serta senantiasa menerapkan prinsip adil, terbuka, profesional, dan proporsional serta tidak berpihak kepada salah satu peserta pemilu,” jelas Sawedi.

Menurut Sekretaris Rektor Unhas ini, tindak lanjut dan pengaturan teknis dari Peraturan Rektor ini akan segera dipersiapkan dan dilaksanakan oleh Satuan Tugas (satgas) kampanye pemilu presiden dan wakil presiden yang telah dibentuk oleh rektor.

Yang antara lain bertugas menyusun dan menetapkan tatatertib pelaksanaan kampanye lingkup kampus Unhas agar berjalan lancar, tertib dan sukses.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023