Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 20 negara dipastikan berlaga pada putaran final Euro 2024 yang dihelat pertengahan tahun depan setelah Italia, Republik Ceko, dan Slovenia lolos dari kualifikasi fase grup.
 
Sebelumnya telah ada 17 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024, termasuk tuan rumah Jerman, demikian catatan UEFA.
 
Italia memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024 sebagai runner-up grup Grup C setelah ditahan imbang Ukraina 0-0 pada pertandingan terakhir di Stadion BayArena, Leverkusen, Selasa dini hari WIB.
 
Italia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup C dengan 14 poin dari delapan pertandingan, memiliki poin sama dengan Ukraina yang menempati peringkat ketiga.
 
Selanjutnya di Grup E, Republik Ceko mendampingi Albania lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Moldova dengan skor 3-0 di Stadion Andruv, Olomuoc, Selasa dini hari WIB.
 
Kemenangan Republik Ceko atas Moldova hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh David Doudera, Tomas Chory, dan Tomas Soucek.
 
Republik Ceko menempati posisi kedua klasemen akhir Grup E dengan 15 poin dari delapan pertandingan, sedangkan Moldova menempati peringkat keempat dengan 10 poin.
 
Sementara itu, Slovenia mengunci satu tiket ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Kazakhstan pada pertandingan Grup H di Stadion Stozice, Ljubljana, Selasa dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini Benjamin Sesko sempat membawa Slovenia unggul terlebih dahulu, namun Kazakhstan sempat menyamakan kedudukan lewat Ramazan Orazov.
 
Slovenia akhirnya dapat mengunci keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Benjamin Verbic ketika laga memasuki menit ke-86.

Slovenia kini menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup H dengan 22 poin dari 10 pertandingan, sedangkan Kazakhstan menempati posisi keempat dengan 18 poin.

Kini satu tiket tersisa dari babak kualifikasi grup akan diperebutkan oleh Kroasia dan Wales di Grup D untuk mendampingi Turki yang telah memastikan diri lolos terlebih dahulu.
 
Sementara itu, tiga tiket lainnya akan diperebutkan melalui jalur play-off yang sejauh ini dipastikan akan diikuti oleh Polandia, Estonia, Finlandia, Ukraina, Islandia, Israel, Bosnia-Herzegovina, Georgia, Yunani, Kazakhstan serta Luksemburg.
 
Baca juga: Serbia menjadi negara ke-17 yang lolos ke putaran final Euro 2024

Berikut 20 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024:
1. Jerman (tuan rumah)
2. Spanyol
3. Skotlandia
4. Prancis
5. Belanda
6. Inggris
7. Italia
8. Turki
9. Albania
10. Republik Ceko
11. Belgia
12. Austria
13. Hungaria
14. Serbia
15. Denmark
16. Slovenia
17. Rumania
18. Swiss
19. Portugal

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023