Jakarta (ANTARA) - Partai Golkar mengumpulkan sebanyak 1.117 bakal calon kepala daerah yang akan berlaga pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 guna membahas instruksi pemenangan partai politik (parpol) tersebut.

“Hari ini Partai Golkar mengumpulkan seluruh calon kepala daerah yang akan diusung oleh Partai Golkar, baik bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, maupun wakil wali kota,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa.

Airlangga menjelaskan tujuan pengumpulan para bakal calon kepala daerah itu untuk mengarahkan mereka agar berkontribusi dalam pemilihan legislatif (Pileg), pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), termasuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) itu.

“Keseluruhan calon diharapkan untuk bisa memenangkan Partai Golkar, bersama dengan fungsionaris legislatif, ketua-ketua pengurus partai dari DPD provinsi, kabupaten, kota,” ujarnya.

Dengan begitu, ucap Airlangga, seluruh kekuatan akan bersatu untuk memenangkan Partai Golkar sekaligus memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mengingat Pileg dan Pilpres 2024 hanya tinggal menghitung bulan, Airlangga yakin instruksi tersebut akan cukup efektif karena para bakal calon tersebar di seluruh Indonesia.

“Cukup karena 1.117 ini calonnya dari Sabang sampai Merauke dan mereka sudah diberikan penugasan di kabupaten, kota, maupun provinsi dan akan berkoordinasi dengan fungsionaris, caleg-caleg provinsi, kabupaten, kota maupun nasional dan yang utama mendorong pemenangan pilpres,” imbuhnya.

Airlangga membeberkan bahwa Partai Golkar sudah mengusung beberapa nama untuk menjadi bakal calon gubernur., di antaranya Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten, Ridwan Kamil untuk Jawa Barat, Khofifah Indar Parawansa untuk Jawa Timur, Ahmed Zaki Iskandar untuk DKI Jakarta, dan Paulus Waterpauw untuk Papua Barat.

Sementara itu, untuk bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah, Airlangga masih enggan membeberkan, kecuali hanya memberi petunjuk bahwa bakal calon yang diusung ada yang berasal dari kalangan anak muda.

“Pokoknya ada anak muda,” kata dia.

Mengenai dengan siapa Partai Golkar akan berkoalisi dalam mengusung para calon kepala daerah, Airlangga menyebut hal tersebut telah dibahas dengan Koalisi Indonesia Maju.

“Koalisi sudah dibahas dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jadi, modal awal dengan KIM kita bisa mencalonkan di mana saja,” imbuhnya.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023