Uhamka memiliki visi internasionalisasi sehingga ini merupakan kesempatan Uhamka melakukan riset bersama Sofia University di Bulgaria dengan topik Seed Wells
Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggandeng Sofia University Bulgaria untuk melakukan penelitian terhadap kepemimpinan perempuan bertajuk Developing a Supportive Educational Environment Driven by Women, Educational Leaders and Leaders in Science (Seed Wells).

Ketua Lembaga Pembinaan Publikasi, Perangkingan, Kerja sama, dan Urusan Internasional (LP3KUI) Herri Mulyono mengatakan isu ini penting di Uni Eropa 2030 dan menjawab tantangan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Baca juga: Pegiat kemanusiaan Abdillah Onim raih penghargaan dari Uhamka

“Uhamka memiliki visi internasionalisasi sehingga ini merupakan kesempatan Uhamka melakukan riset bersama Sofia University di Bulgaria dengan topik Seed Wells,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Herri menuturkan tujuan dari penelitian ini adalah membuat dan mengendalikan sebuah model untuk membangun lingkungan pendidikan yang mendukung dan digagas oleh perempuan sebagai pemimpin di pendidikan secara umum.

Oleh sebab itu, riset tersebut akan di antaranya menganalisa faktor-faktor yang berdampak pada pengembangan lingkungan pendidikan yang mendukung anak dan remaja sebagai kunci dari pengembangan kualitas pendidikan di Bulgaria maupun Indonesia.

Baca juga: BPJPH gandeng Uhamka sosialisasi percepatan sertifikasi produk halal

Kemudian, mengidentifikasi tantangan partisipasi pemimpin perempuan dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan di dua negara terkait sehingga ada panduan untuk meningkatkan kualitas perempuan dalam dunia pendidikan dan pengetahuan.

Ketua tim projek Seed Wells Puri Pramudiani mengatakan kesempatan kerja sama Uhamka dengan Sofia University ini sangat bagus karena bukan hanya tentang transformasi di bidang perempuan namun juga di bidang ekonomi, digital, dan bidang lainnya.

Puri berharap nantinya akan ada pedoman-pedoman yang dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan sehingga mampu mendukung pengembangan kualitas generasi muda.

“Ini merupakan suatu tantangan dan kesempatan yang nantinya akan menghasilkan luaran berupa artikel nasional dan internasional,” kata Puri.

Baca juga: UMPR-UHAMKA Jakarta kolaborasi penguatan lulusan

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023