Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menyalurkan infak kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp3 miliar.

"Infak tersebut dikumpulkan oleh Baznas kabupaten/kota se-Kepri," kata Ketua Baznas Kepri, Arusman Yusuf di Tanjungpinang, Selasa.

Arusman menyebut infak kemanusiaan itu diserahkan kepada Baznas Republik Indonesia, untuk selanjutnya didistribusikan kepada saudara-saudara di Palestina.

Menurutnya, penyaluran infak kemanusiaan Palestina masih terus dibuka. Baznas mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Kepri untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina.

Adapun bantuan kemanusiaan untuk Palestina dapat disalurkan ke rekening BSI 100.426.6893 atau melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada setiap individu yang telah bersama-sama berkontribusi dalam aksi kebaikan ini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad juga mengajak masyarakat setempat ikut berdonasi dan mendoakan Palestina. Ini sebagai bentuk rasa simpati yang mendalam terhadap saudara-saudara di Palestina.

Ia mengatakan Palestina bagi bangsa Indonesia adalah negeri yang sangat penting karena dalam sejarah kemerdekaan Tanah Air, Palestina adalah salah satu negara yang pertama kali mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia yang diumumkan oleh Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dan seorang saudagar kaya Palestina, Muhammad Ali Taher, pada 6 September 1944.

"Banyak korban di negeri yang sangat kita cintai, negerinya para nabi dan rasul. Maka kita bersama wajib melindunginya dengan doa-doa dari bibir kita yang tulus dan ikhlas," ujar Ansar.

Gubernur Ansar juga menegaskan bahwa perjuangan bangsa Palestina adalah perjuangan yang sah dan mulia untuk mencapai kemerdekaan, berdaulat, dan merdeka di tanah mereka sendiri. Ia meminta agar tidak ada pihak di Indonesia yang memposisikan kelompok-kelompok di Palestina sebagai kelompok ekstremis atau teroris.

Ia turut mengapresiasi bangsa Indonesia, terutama Presiden Joko Widodo yang sangat berani memposisikan Indonesia mengutuk keras kekejaman zionis Israel. Dia menyebut hal ini sebagai bentuk solidaritas yang harus terus ditingkatkan.

"Mari bagi yang diberikan kelebihan rezeki, sama-sama memberikan sumbangsih guna meringankan beban saudara kita di Palestina," ucap Ansar.

Gubernur Ansar bersama ribuan warga Kepri sudah terlebih dahulu menggelar acara doa dan shalawat bersama untuk Palestina di pelataran Tugu Sirih, Kota Tanjungpinang, Minggu (18/11). Dalam acara ini juga berhasil terkumpul donasi sekitar Rp1 miliar untuk bantuan ke Palestina.

Pewarta: Ogen
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023