Athena, Yunani (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Eleftherios Venizelos, Athena, Yunani, Rabu pagi waktu setempat, setelah menempuh penerbangan 12,5 jam dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-2) yang membawa Wapres dan rombongan mendarat sekitar pukul 06.00 waktu setempat saat langit Athena masih gelap dengan cuaca sedikit gerimis.

Menyambut ketibaan Wapres di bawah tangga pesawat, antara lain, Duta Besar RI untuk Yunani, Bebeb A.K Nugraha Djundjunan beserta istri Stevanny Djundjunan, Atase Pertahanan RI di Roma Kolonel Laut Aminuddin Albek beserta istri Febrawati Bima, dan pejabat pemerintah Yunani.

Wapres yang didampingi istri, Wury Ma'ruf Amin, langsung menuju hotel tempat beristirahat.

Selama kunjungan kerja di Yunani, Wapres Ma'ruf dijadwalkan bertemu dengan pimpinan negara Yunani serta pimpinan parlemen Yunani.

Menurut Juru Bicara Wapres RI Masduki Baidlowi, dalam keterangan video sebelum keberangkatan Wapres ke Athena, akan ada pembicaraan bilateral mengenai kepentingan investasi bagi kedua negara.

"Ada beberapa agenda penting di ketiga negara itu. Pertama, Wakil Presiden akan bertemu dengan Perdana Menteri Yunani serta pimpinan parlemen Yunani, ada pembicaraan bilateral mengenai kepentingan investasi bagi kedua negara," kata Masduki.

Selain itu, kata Masduki, Indonesia juga membidik kerja sama pariwisata dengan Yunani karena negara dengan Ibu Kota Athena itu terkenal dengan sektor pariwisata.

"Karena Yunani kita kenal juga sebagai daerah kunjungan wisata dan manajemen pariwisata di sana dikelola dengan baik oleh pemerintah Yunani," ujarnya.

Saat di Yunani, Wapres juga dijadwalkan untuk memenuhi undangan khusus Uskup Agung Gereja Ortodok Yunani untuk berdialog mengenai pengalaman masing-masing negara dalam membangun dan memelihara keberagaman.

"Di Yunani, keberagaman seperti apa? di Indonesia seperti apa? Ini saya kira akan menarik," ujar Masduki.
Baca juga: Wapres Ma'ruf kunjungan kerja ke Yunani, Slovakia, Malaysia
Baca juga: Wapres dorong terwujudnya keberterimaan standar halal global
Baca juga: Wapres: Dunia tidak akan lebih baik hanya dengan mencetak cendekiawan

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023