Dalam kaitan itu kami terus berupaya memberikan penjelasan kepada para calon haji yang gagal berangkat...
Mataram (ANTARA News)- Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Ishak mengatakan, calon haji asal daerah ini yang akan diberangkat pada musim haji 2013 kemungkinan hanya satu kelompok terbang (kloter).

"Calon haji yang akan diberangkat tahun ini kemungkinan hanya satu kloter, karena 87 orang calon haji asal Kota Mataram batal berangkat, menyusul diberlakukannya kebijakan pengurangan kuota haji," katanya di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, para calon haji itu akan diberangkatkan pada 9 September 2013. Namun belum diketahui apakah Kota Mataram akan menjadi kloter pertama, seperti tahun 2012.

"Pengurangan kita lakukan sesuai dengan nomor porsi. Dengan adanya pengurangan tersebut jumlah calon haji Kota Mataram yang akan diberangkat pada 2013 ini sebanyak 349 orang ditambah Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) sehingga berjumlah 442 orang," katanya.

Menurut dia, kebijakan pengurangan kuota haji tahun ini menyebabkan sebagian calon haji terutama yang telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) gagal berangkat.

"Dalam kaitan itu kami terus berupaya memberikan penjelasan kepada para calon haji yang gagal berangkat tetap bersabar, karena pengurangan itu bukan merupakan kebijakan pemerintah dan pusat, tetapi karena kebijakan pemerintah Arab Saudi," katanya.

Namun, katanya, pemerintah sudah berkomitmen akan memprioritaskan jamaah yang gagal berangkat tahun ini untuk diberangkatkan pada musim haji 2014.

Menurut dia, dari calon haji yang batal berangkat ada yang sudah berhaji dan ada juga yang sudah berhaji tetap diberangkatkan dengan ketentuan mereka menjadi mahram dari istri atau anak mereka.

Pewarta: Siti zulaeha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013