Mereka yang mendapatkan penghargaan ini diberikan apresiasi untuk studi banding ke luar negeri
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta  Heru Budi Hartono memberikan hadiah kepada enam lurah dan tiga camat berupa studi banding ke luar negeri sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan menata kawasannya dengan taman dan ruang terbuka hijau.
 
"Saya selalu memberikan apresiasi bagi yang konsisten bekerja  menjaga kinerja yang optimal. Mereka yang mendapatkan penghargaan ini diberikan apresiasi untuk studi banding ke luar negeri," kata Heru saat memimpin rapat penyelenggaraan kinerja kewilayahan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.
 
Heru menilai para camat dan lurah menjadi garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Sehingga camat dan lurah harus memprioritaskan kebutuhan layanan masyarakat dengan mendorong partisipasi warga dalam perencanaan pembangunan wilayah serta melibatkan pemberdayaan masyarakat.
 
Penghargaan tersebut juga diberikan lantaran camat dan lurah di wilayah DKI Jakarta telah berkontribusi bersama warga pada kegiatan "Bakti Kita untuk Jakarta", serta bersinergi dalam penataan kawasan dengan konsep ruang terbuka hijau dan pertanian perkotaan.
 
Kegiatan tersebut ditujukan sebagai wadah evaluasi hasil dari kinerja masing-masing wilayah, mulai dari tingkat kota atau kabupaten, kecamatan, dan kelurahan.
 
Selain itu, Heru mengimbau kepada seluruh jajaran dari tingkat provinsi hingga kelurahan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi menjelang akhir tahun.

Heru berharap ASN di DKI Jakarta dapat terus meningkatkan pelayanan dan kinerja dalam menangani pengaduan masyarakat.
 
Oleh karena itu, Heru meminta seluruh ASN DKI dapat bekerja secara rapi dan bertahap dan bisa dimulai dari hal yang kecil.
 
Sementara itu, Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengungkapkan pihaknya selalu melakukan evaluasi kinerja kewilayahan per tiga bulan untuk mencapai tingkat kepuasan masyarakat yang terbaik.
 
Pemprov DKI di wilayah juga telah melakukan survei kepuasan masyarakat secara keseluruhan, dengan angka yang dicapai di tingkat kelurahan yaitu 92,05 persen, sementara di tingkat kecamatan sebanyak 96,81 persen.
 
"Alhamdulillah kita bisa mendapatkan contoh bahwa Kelurahan Pegangsaan Dua berhasil memenangkan lomba tingkat nasional untuk kategori kinerja dan penataan kawasan," kata Sigit.
 
Berikut beberapa nama pemenang yang mendapatkan apresiasi yang dibagi menjadi tiga yakni apresiasi di bidang kinerja kewilayahan diberikan kepada Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelurahan Pegangsaan, Kelurahan Pesanggrahan. Lantas apresiasi di bidang penataan kawasan tingkat kelurahan diberikan kepada Kelurahan Kampung Bali, Kelurahan Karet Kuningan, dan Kelurahan Kembangan Selatan.

Terakhir apresiasi di bidang penataan kawasan tingkat kecamatan diberikan kepada Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023