Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar foto dokumen yang berlogokan Kementerian Sekretariat Negara yang berisi tentang perombakan atau “reshuffle” kabinet pada 22 November 2023.

Dalam foto yang dilengkapi dengan tanda tangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno tersebut, terdapat 13 menteri yang dikabarkan akan diganti, diantaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dari sebelumnya Hadi Tjahjanto diganti dengan Indrajaya Murod.

Selain itu juga disebutkan nama Panglima TNI, dan nama Kepala Badan Intelijen Negara yang tertulis dalam dokumen itu akan mengalami perombakan atau pergantian

Namun benarkah foto tersebut?


 

Foto hoaks yang beredar terkait reshuffle kabinet. (ANTARA/HO)
Penjelasan

Pihak Istana Kepresidenan menegaskan foto dokumen berisi nama-nama menteri dan pejabat yang akan mengalami pergantian melalui perombakan atau reshuffle kabinet yang beredar adalah hoaks.

"Ini hoaks. Ini menunjukkan banyaknya hoaks yg harus diwaspadai," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam pesan singkat kepada wartawan seperti dalam berita ANTARA.

Mensesneg Pratikno menegaskan bahwa sepengetahuan dirinya rencana itu tidak ada.

"Tidak ada rencana," sebut Pratikno.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menegaskan bahwa foto dokumen tersebut hoaks atau mengandung informasi yang tidak benar. Ari Dwipayana mengimbau masyarakat melakukan cek dan ricek serta tidak mudah percaya pada informasi dan berita-berita yang tidak berasal dari sumber resmi dan kredibel.

Klaim : Foto dokumen “reshuffle” kabinet 

Rating : Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober

Cek fakta: Disinformasi! Jokowi lakukan reshuffle kabinet mendadak pada 3 Oktober

Baca juga : Istana tegaskan foto dokumen "reshuffle" yang beredar hoaks

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023